Pentingnya Pelajaran Agama Dalam Sebuah Institusi Pendidikan

0
174

H. Dudi Rochman, BA (Hons)
Islamic Education Consultant

Tujuan utama dalam sebuah pendidikan adalah Pembentukan pendidikan karakter, seperti hadist nabi yang pernah sering kita dengar “ Innamaa bu’istu liutammima makarimal akhlaak”, tidaklah aku (Muhammad) diutus (ke Bumi) untuk meyempurnakan akhlak yang mulia. Dasar inilah sebagai pegangan umat islam dalam dunia pendidikan Islam, tentunya selain membentuk kepribadian yang mulia juga unuk mencerdaskan Bangsa. Karena tanpa kecerdasan dan kepintaran muslim akan tertinggal secara perkembangan teknologi zaman. Saya sangat menolak pemikiran professor Gijsbert Stoet “ Bahwa jika negara ini ingin maju dan berkembang, maka harus memisahkan pelajaran agama dalam sebuah institsi pendidikan. Menurutnya sekolah harus sekuler dan lebih konsentrasi terhadap ilmu ilmu science dan matematika.

Secara penemuannya (Gijsbert Stoet) di bidang pedidikan dibeberapa negara, bahwa negara yang memisahkan pelajaran agama mendapati lebih berkembang dan maju dibanding dengan negara negara islami, contoh: Jepang, Swiden, Amerika dll. Sedang negara yang lebih religius seperti Yordania, mesir dan indonesia menutur beliau lebih terbelakang dalam pendidikan, dan kurang berkembangnya teknologi dalam negara tersebut.

Secara ilmiah memang kita Indonesia khususnya terbelakang masalah dunia pendidikan dibanding dengan negara jepang amerika dan negara lainnya. Kita ambil salah satu kasus perkembangan pendidikan dijepang memang pesat secara teknologi, tapi secara akhlak dan spirirual mereka kering dan haus. Coba kita ambil contoh negara jepang jika salah satu petinggi negara mempunyai kesalahan fatal entah itu kosupsi atau yang lainnya, mereka merasa kehilangan kepribadian dan akhirnya mereka melakuka bunuh diri, disisi lain sebagai penyesalan dan rasa malu itu adalah baik disisi lain mereka tidak mengetahui konsep taubat dan berbuat baik selanjutnya adalah sangat dimuliakn oleh Allah SWT dan perbuatan bunuh diri adalah hal yang sangat dialarang dalam ajaran islam.

Coba kita lihat di Amerika, teknologi mereka berkembang pesat sekali, krn konsep mereka tiada pendidikan agama, maka premanisme berkembang dengan pesat juga. Penindasan dan radikalisme terjadi dimana mana, Jika pendidikan gama dihilangkan maka premanisme dalam institusi pendidikan akan terus dilahirkan. Pendidikan agama adalah murni untuk meredam dan menghentikan kriminalisme.

Sebenarnya banyak sekali konsep islam yang dirapkan di beberapa negara lain, konsep kebersihan, konsep torelansi berasaskan kesehatan (Pelarangan merokok di tempat-tempat umum), konsep kholullah (tidur siang) yang diterapkan di cina yang dapat mencerdaskan anak dalam berbahasa, dan masih banyak lagi konsep islam yang mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka tidak mengetahui perkembangan matematika, kedokteran dan ilmu ilmu science itu yang menciptakannya adalah seorang Muslim (aljabar, albiruni, Ibnu Sina dll. ) Kemudian ilmu ilmu itu lebih dikembangkan oleh orang orang barat. Sehingga kita lebih tertinggal dalam hampir semua bidang pendidikan.

Semua Pendidikan berasal dari al qur’an, semua memuat bidang pendidikan yang ada di bumi. Semakin seseorang menggali alqur’an maka akan semakin berkembang dan bermunculan ilmu ilmu positive dimuka bumi ini. Tinggal kita mau apa tidak untuk mengembangkannya. Pendidikan disekolah tidak bisa dipisahkan dari agama, karena agama sebagai barometer pendidikan akhlak, saya berharap semua mata pelajaran yang ada disekolah berintregrasi dengan mata pelajaran agama (alqur’an), intinya semua disangkut pautkan dengan alqur’an untuk mencetak generasi generasi cerdas yang berakhlak. Kembangkan ilmu matematika yang terintregrasi dengan alqur’an dan tentunya ilmu ilmu science yang lainnya.

Mari kita cerdaskan dan mensholehkan anak-anak bangsa dengan alquran, saya sangat yakin al’quran mampu mencerdaskan dan mensholehkan anak-anak bangsa. Terus berkreaifitas dalam mengembangkan ilmu ilmu alqur’an

Alhamdulillah sekarang saya lagi mengembangkan pembelajaran bahasa Inggris, dengan menggunakan metode Punch ( bagian otak manusia dan sholat) dengan konsep qur’an. Pembelajaran bahasa inggris dengan membentuk charakter building.

Suara Ulama

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR