10 Makanan Penyebab Kanker

0
246

Makanan kaleng umumnya kaya sodium.

beritalangitan.com – Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan. Banyak orang kemudian memilih diet makanan demi menghindari kanker. Sebab penelitian membuktikan satu dari 10 kanker dapat dicegah dengan diet yang tepat.

Namun siapa sangka beberapa makanan yang kerap menjadi bagian dari diet justru bisa menyebabkan kanker. Dilansir Times of India, berikut 10 makanan yang harus benar-benar dihilangkan dari menu diet:

Kentang atau Roti panggang
Makanan bertepung seperti roti dan juga kentang yang dimasak terlalu lama dengan suhu tinggi ternyata bisa menghasilkan senyawa bernama akrilamida. Senyawa ini bertanggung jawab untuk mengubah warna makanan menjadi keemasan. Masak terlalu lama bisa membuat kadar akrilamida diproduksi secara berlebihan hingga meningkatkan risiko kanker.

Konsumsi Alkohol
Banyak penelitian telah membuktikan, bahwa konsumsi alkohol berbahaya bagi kesehatan dan bertanggung jawab menyebabkan kanker. Minum alkohol juga menyebabkan kerusakan berat liver dan meningkatkan jaringan bekas luka yang bisa menyebabkan kanker paru.

Berondong Jagung yang Dimasak dengan Microwave
Memasak berondong jagung mengandung mentega dengan microwave memang mudah dan lezat. Tapi ternyata makanan tersebut mengandung senyawa diacytel. Senyawa ini beracun dan bisa menyebabkan kanker paru-paru. Radiasi yang dilepaskan dari microwave juga menyebabkan agitasi makanan, ini berbahaya bagi kesehatan.

Minyak Hidrogenasi atau Lemak Trans
Menurut Kepala Kesehatan Kuantitatif di Grow-fit, Dr Vinay Bhardwaj, lemak trans atau minyak hidrogenasi berpotensi memicu kanker, penyakit jantung, dan gangguan autoimun. Lebel asam omega 6 tak sehat ini ditemukan dalam minyak terhidrogenasi yang membuatnya sangat karsinogenik.

Kentang Goreng atau Keripik Kentang
Minyak hidrogenasi biasanya digunakan untuk menggoreng kentang atau keripik kentang. Ini memicu penyebab kanker dan gangguan kesehatan lain. Selain itu penggunaan garam yang banyak pada makanan ini juga bisa membuat tekanan darah meningkat.

Minuman Berkarbonasi atau Soda
Dr Vinay Bhardwaj mengatakan minuman berkarbonasi biasanya dibanjiri sejumlah bahan kimia, sirup jagung fruktosa tinggi dan kadar gula yang juga tiggi. Minuman ini sama sekali tak mengandung gizi malah kandungan kalorinya sangat tinggi hingga menyebabkan lonjakan fatal kadar insulin.

Gula Halus
Gula yang telah diproses atau gula halus menjadi salah satu faktor paling ampun meningkatkan risiko kanker dan beberapa penyakit lain. Sebab gula yang diproses secara kimia meningkatkan kadar glukosa darah, ini berkolerasi dengan peningkatan risiko kanker.

Makanan Kaleng
Dokter Bhardwaj juga menyarankan untuk menghindari makan kalengan. Makanan ini dilapisi dengan bisphenol-A, phthalates, dan styrene, yang mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

Daging Bakar dan Makanan yang Diasapkan
Daging bakar atau makanan yang dimasak dengan proses diasapkan bisa meningkatkan konsentrasi senyawaamina aromatik heterisiklik alam makanan. Ini dapat memicu mengembangkan sel-sel kanker dalam tubuh.

Bagel
Makanan lezat ini ternyata mampu meningkatkan tingkat gula darah. Bagel mengandung indeks glikemik tinggi yang meningkatkan risiko terkena kanker. Untuk kesehatan sebaiknya makan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah seperti nasi merah atau roti gandum. [REPUBLIKA.CO.ID]

Suara Ulama

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR