Kurang Olahraga Salah Satu Penyebab Diabetes

0
535
Ilustrasi

JAKARTA, 7/4 (Beritalangitan.com) — Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek meminta seluruh masyarakat mencegah diabetes sejak dini. Sebab, pencegahan diabetes sejak gini bisa mengurangi risiko komplikasi penyakit tersebut pada tahap lebih lanjut.

“Jika bisa dicegah sejak dini maka akan jauh dari risiko komplikasi tersebut pada tahap lebih lanjut,” kata Menkes Nila F Moeloek pada puncak Hari Kesehatan Dunia di Jakarta, Kamis (7/4).

Menkes menyebut, kerap ditemukan penderita diabetes pada tahap lanjut dengan komplikasi seperti jantung, stroke, infeksi kaki serta gagal ginjal stadium akhir. Menkes mengatakan sebagian besar penderita diabates di seluruh dunia menderita penyakit tersebut akibat gaya hidup yang kurang sehat yang seharusnya dapat dicegah.

“Misalnya kurang olahraga, pola makan yang terlalu banyak garam, terlalu banyak gula serta akibat terlalu banyak lemak, stress, alkohol dan rokok,” katanya.

Diabetes, kata dia, merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah akibat gangguan pada pankreas dan insulin. Berdasarkan Data Riskesdas tahun 2013 diketahui bahwa sekitar 9,1 juta penduduk Indonesia menderita diabetes.

Dalam program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terdapat target untuk menurunkan angka diabetes yang termasuk dalam penyakit tidak menular hingga hanya ada sepertiga jumlah individu dengan diabetes. Selain itu, tema global yang diangkat pada Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh setiap 7 April kali ini adalah Diabetes.

Karenanya, menkes mengingatkan seluruh masyarakat mengenai pentingnya tindakan pencegahan penyakit ini. “Lakukan pengecekan darah untuk mengetahui kadar gula darah,” katanya. (die)

Sumber : Antara / Republika
Suara Ulama

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR