Asosiasi Ma’had Aly Se-Indonesia angkat bicara tentang kebijakan “full day school”

0
148

Menyikapi rencana kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy tentang perpanjangan jam sekolah dasar dan menengah (full day school). Asosiasi Ma’had Aly Se-Indonesia (AMALI) angkat bicara dengan mengeluarkan pernyataan sikap yang di terima beritalangitan.com melalui pers release (17/6/2017).

Isi dari pernyataan sikap yang bernomor 27/PP/AMALI/VI/2017 tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kebijakan full day school (FDS) harus didahului dengan kajian yang komprehensif terkait keragaman peserta didik, orang tua, masyarakat, wilayah perkotaan dan perdesaan. Di mana kondisi dan situasinya berbeda, sehingga model pendidikannya pun tidak bisa disama ratakan.

2- Kebutuhan masyarakat dalam pendidikan agama Islam yang menjadi domain madrasah diniyah dan pondok pesantren selama ini berjalan lancar dan mengakar di masyarakat. Di mana waktu pendidikannya berlangsung siang hari antara pukul 14.00 – 16.30

3- Keberadaan Pondok Pesantren yang juga menyediakan pendidikan formal dari tingkat dasar hingga menengah dengan kurikulum nasional yang dikombinasikan dengan kurikulum lokal pesantren, menjadi satu jawaban atas pentingnya penguatan karakter pada peserta didik dan telah mengakar di masyarakat.

Berdasarkan alasan-alasan dan pertimbangan tersebut, maka Asosiasi Ma’had Aly Se-Indonesia (AMALI) menyatakan menolak penerapan Full Day School.

Selain Asosiasi Ma’had Aly Se-Indonesia (AMALI), tercatat beberapa lembaga juga berpendapat serupa, seperti Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama yang menyebutkan bahwa kebijakan full day school yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memicu keresahan di kalangan pendidik dan siswa, termasuk di lingkungan NU. Dimana ketentuan yang diatur dalam Peraturan Mendikbud nomor 23 tahun 2017 tersebut berujung pada penolakan besar-besaran.

Suara Ulama

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR