Pelayanan Prima DISDUKCASIP Kota Sukabumi “Dari Jemput Bola Hingga Pojok Menyusui”

0
86

Sukabumi, beritalangitan.com – Mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan merupakan Hak masyarakat dan merupakan Kewajiban pemerintah untuk melayaninya. Oleh sebab itu semua warga Negara berhak medapatkan pelayanan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, akte kelahiran atau akte kematian dan lain sebagainya secara gratis tanpa dipungut biaya. Hal ini dikatakan kepala Dinas kependudukan dan catatan Sipil (DISDUKCASIP) Kota Sukabumi Iskandar Kepada beritalangitan.com senin 25-09-17.

”Oleh sebab itu kami disini berusaha merubah paradigma lama yang seolah terkesan masyarakat harus mengemis untuk mendapatkan apa yang menjadi haknya”. Sekarang sudah saatnya pemerintah yang harus jemput bola kelapangan, dan ternyata masih banyak warga yang belum memiliki dokumen hanya karena alasan malas ngantri, prosesnya lama, dan rumit apalagi harus nyogok sana-sini. Ini yang keliru dan harus dirubah.

Untuk itu kami sudah meluncurkan program JEMPOL (Jemput bOla di Lapangan), program ini terdiri dari sepuluh jenis kegiatan yang meliputi 1. Jempol pemukiman, 2. Jempol sekolah, 3. Jempol Perusahaan, 4. Aki Nini (kakek Nenek .Red) 5. Jempol kapapaitan (kematian .Red) 6. Jempol Kelahiran, 7. Jempol Pasar, 8. Jempol Lapas, 9. Jempol Perkawinan dan 10. Jempol Isbat Nikah.

Ini semua adalah program pelayanan dimana pihak kami yang mendatangi masyarakat hingga kepelosok-pelosok baik dengan mobil pelayanan maupun dengan team buser yang menggunakan motor agar bisa menjangkau daerah sulit terjangkau oleh mobil. Seperti misalnya program jempol Aki Nini, nyatanya ini masih banyak warga manula yang tidak memiliki dokumen dengan alasan buat apalah sudah tua tidak akan butuh, padahal ketika sakit dan memerlukan pelayanan kesehatan ternyata itu memerlukan KTP dan KK.

Bahkan tak hanya program jemput Bola saja yang kami laksanakan, dalam pelayanan di Kantor Dinas juga kami berusaha semaksimal mungkin untuk membuat kemudahan serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Untuk penyandang disabilitas kami sediakan jalur khusus, loket khusus, toilet khusus, dan bagi ibu yang membawa anaknya kami sediakan “Pojok Baca” dan “Pojok Bermain”, untuk ibu menyusui kami sediakan “Pojok Menyusui”.  untuk kenyaman pelayanan kami sediakan mesin antrian dan di ruang tunggu kami sediakan pula tempat Charger Hp agar memudahkan warga jika memerlukan.

Semua itu merupakan usaha kami dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat agar mendapatkan haknya secara cepat dan nyaman. Tak hanya mendapatkan haknya yang utama yaitu mendapatkan dokumen tetapi haknya untuk merasa nyaman dan aman pun terpenuhi dengan baik. Dengan demikian kami harap bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

(DU, Andr)

Suara Ulama

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR