Darul Muta’allimin Istiqomah Cetak Kader Berkualitas

0
318

Sukabumi, 17/2 (beritalangitan.com) – Pesantren Darul Muta’allimin yang berdiri pada tahun 1925, didirikan oleh KH. Yusuf Sobari, yang beralamat di kampung Cikaret Goalpara Sukabumi. Pada waktu itu menjadi Pondok Pesantren yang memang di butuhkan masyarakat pada saat itu, karena minimnya pendidikan agama disana.

Awalnya letak Pondok Pesantren Daarul Muta’alimin sendiri pada masa itu masih di dekat pegunungan. Lalu pada tahun 1960 Daarul Mutaalimin berpindah ke tempat yang lebih dekat dengan pemukiman warga Goalpara.

Tahun 1963 Pondok Pesantren Daarul Muta’alimin mulai berkembang dengan berdirinya sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) Maarif, dari sinilah awal bermunculan santri dari berbagai daerah seperti dari daerah, kota besar seperti jakarta dan bahkan ada yang dari luar negeri seperti Singapura.

Pondok Pesantren Daarul Muta’alimin & PGA di kelola secara kekeluargaan oleh pendiri pertama KH. Yusuf Sobari lalu di lanjutkan oleh KH. Sihabudin Mansur kemudian oleh H. Sulaeman setelah itu oleh H. Saefullah hingga sekarang.

Ditemui di Pesantren Daarul Muta’alimin Kamis (16/2) H. Saepullah mengatakan, “Semakin menurun nya minat masyarakat terhadap pesantren tidak membuat kami patah semangat”.

“Kami akan tetap mempertahankan supaya Daarul Mutaalimin tetap ada walaupun dengan jumlah santri yg sedikit”, tambah beliau.

Hingga kini Jumlah keseluruhan siswa-siwi dari MI, MTS & MA  Daarul Mutaalimin mencapai lebih dari 1000 orang , dengan jumlah tenaga pengajar 40 orang.  (Jz,hn, di, fz)

Suara Ulama

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR