Edisi [6] Umat Islam Bergelut Dengan Fitnah Akhir Zaman

0
253

Assalamu’alalikum warahmatullahi wabarakatuh.

“Bersegeralah kalian melakukan amal saleh sebelum datangnya fitnah yang seperti potongan-potongan malam yang gelap gulita. Pagi-pagi seseorang masih beriman, tetapi di sore hari sudah menjadi kafir; dan sore hari seseorang masih beriman, kemudian di pagi harinya sudah menjadi kafir.” (HR. Muslim: Kitab Al-Iman no.169).

Hadist di atas menunjukan kepada kita semua bahwa seseorang yang telah mengikrarkan dua kalimat syahadat dan yang berstatus sebagai muslim harus selalu berhati-hati dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan fitnah ini.

Dikatakan disana “Pagi-pagi seseorang masih beriman, tetapi di sore hari sudah menjadi kafir”, mengisyaratkan bahwa jebakan fitnah ini telah menyelimuti seluruh aspek kehidupan, bagaikan menyatu dengan atmosfer.

Agar dapat terhindar dari jebakan fitnah, kita di instruksikan untuk “Bersegeralah kalian melakukan amal saleh sebelum datangnya fitnah”, salahsatu maksud “melakukan amal saleh” adalah kita harus memahami secara mendalam bagaimana itu fitnah, tidak cukup makna fitnah yang selama ini kita pahami dari KBBI, karena itu adalah salahsatu arti dan makna fitnah saja.

Kaum Muslimin Rahimakumullah, dalam Kajian Utama edisi bulan ini redaksi masih mengangkat thema seputar fitnah. Pembahasan kali ini akan kami ajak untuk mengenal fitnah lebih mendalam dengan memahami Kosakata Fitnah dan Makna-Maknanya dalam al-Qur’an.

Untuk konten Liputan Pesantren, redaksi mengunjungi Pondok Mufidah Santi Asromo di Majalengka. Pesantren ini dibangun atas gagasan brilian seorang Ulama Besar yang juga seorang Pahlawan Nasional, yakni KH. Abdul Halim. Kemudian pada kolom baru “Wanita dan Kesehatan”, kali ini akan mengkaji Makna Sakit Dalam Pandangan Islam, tentunya ini akan menambah cakrawala pemikiran kita tentang makna sakit.

Untuk kolom yang lainnya kami tayangkan tulisan-tulisan yang insyaAllah bermanfaat untuk para pembaca kaum muslimin, agar semakin tergugah untuk saling berkerjasama memikirkan bagaimana nasib ummat islam saat ini yang tengah dihadapkan oleh berbagai macam fitnah, masyaAllah!

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam dari Redaksi…

Suara Ulama

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR