Geliat Baznas Kabupaten Cianjur, Bantu “Tunggakan Biaya Pendidikan”

1
552
Humas Baznas Kabupaten Cianjur Ahmad Fatoni Rozy

Cianjur,  beritalangitan.com 25/07    Pola pendistribusian dan pengelolaan zakat senantiasa tak lepas dari delapan asnaf sesuai yang telah di gariskan agama islam yaitu orang yang fakir, miskin, amilin, mualaf, riqab, gharimin, fisabilillah, dan Ibnu Sabil, namum dalam mengaplikasikan hal tersebut perlu kecermatan dan kearifan dalam menangani permasalahan ummat yang semakin kompleks.

Seperti yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Cianjur dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan di bidang pendidikan, yang merupakan sebuah kearifan lokal dalam menangani permasalahan hingga bantuan yang diberikan bisa benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

“Bantuan tunggakan pendidikan”   adalah bantuan yang diberikan Baznas cianjur kepada siswa kurang mampu yang belum bisa melunasi biaya sekolah bagi anak SMA sederajat, atau bantuan peralatan sekolah bagi anak sekolah dasar dan menengah.

Hal ini dilaksanakan atas dasar banyaknya siswa miskin yang memang memerlukan bantuan bagi yang belum membayar spp atau yang membutuhkan peralatan sekolah, Hal tersebut dikatakan ketua Baznas KH. Abdul Kodir Rozy didampingi Humas Baznas Cianjur Ahmad Fatoni Rozy saat ditemui beritalangitan.com senin 25/07.

Menurutnya banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang memang memiliki tunggakan biaya pendidikan, meski bantuan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan siswa namun hal tersebut dinilai cukup  rawan terjadi di tengah masyarakat.

Untuk itu Baznas yang sebagian alokasinya memang untuk hal konsumtif tidak segan segan mengeluarkan bantuan bagi siapa saja yang membutuhkan biaya pendidikan walaupun memang tidak sepenuhnya karena sebagiannya adalah tetap tanggung jawab orang tua murid.

Ahmad Fatoni menambahkan bahwa tahun ini Baznas menargetkan pemasukan sebesar 17 milyar dari pendapatan tahun sebelumnya sebesar 15 milyar, menurutnya ini adalah realistis mengingat di Kabupaten Cianjur belum semua perangkat daerah yang sudah menyetorkan zakatnya pada Baznas, hal tersebut menurutnya tak lepas dari political will suatu daerah yang menentukan kemajuan dan pengembangan Baznas kedepan.  (Du/fir)

Suara Ulama

1 KOMENTAR

  1. aslmkm. mohon dari baznas ada pemberitahuan masalah kekurangan DUP untuk masing-masing kecamatan. syukron

TINGGALKAN KOMENTAR