Bachtiar Adnan Kusuma Gelorakan Revolusi Membaca di SMA 17

0
648
Bachtiar Adnan Kusuma.

Beritalangitan.com  Penggagas Gerakan Indonesia Membaca dan Menulis (GIMM Indonesia) Bachtiar Adnan Kusuma tampil membakar semangat tak kurang dari 416 orang siswa-siswi Kelas X SMA 17, di PPS UNM minggu (28/08). Bachtiar selaku Ketua Forum Komite Sekolah Makassar, tampil memberikan sambutan kepada siswa dan hadirin yang juga dihadiri Kepala sekolah SMA 17 Syamsuddin, M.Pd, H Nasrullah, M.M. Abu Hanafiah dan Hj Rukayah, M.M. dan sejumlah guru SMA 17.

IMG-20160829-WA0001
Bachtiar Adnan Kusuma.

Menurut Bachtiar, kegiatan membaca buku 15 setiap hari harus menjadi budaya dan life style bagi siswa terutama contoh dan teladan dari guru-guru, menurutnya hal ini sangat penting, jadi siswa bukan hanya dijejali dengan berbagai buku paket kurikulum tanpa didorong agar mereka membaca dan menguasai materi buku-buku itu.

Karena itu, dengan membaca buku 15 setiap hari akan mengantar siswa menguasai kosa kata 1.572.000 kata dalam setahun. Artinya, dalam 12 bulan setiap siswa mampu menamatkan membaca buku baru 20 judul buku. Membaca sangat penting, selain membaca menjadi ukuran utama sebuah sekolah yang baik, menurutnya membaca juga menjadi jantungnya sebuah peradaban pendidikan.

Karenanya, SMA 17 harus menjadi contoh  Gerakan Literasi Sekolah sesuai Permendiknas No 23 Tahun 2015 tentang Budi Pekerti dan pembelajaran membaca dan menulis.” Kita harus gugat budaya membaca dan menulis siswa sejak dini”, kata penulis ratusan buku ini. (Ft)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.