Belasan Mayat Terlantar, Akhirnya Dimakamkan MUI Bali

0
1114
Jenazah satu per satu dibawa ke pemakaman.

Denpasar, 25/7 Beritalangitan.com – Belasan jenazah yang berbulan-bulan terkatung-katung di lemari pendingin Rumah Sakit Sanglah Denpasar Bali akhirnya dapat di makamkan dengan layak, dengan mengerahkan 5 unit ambulannce dan puluhan orang relawan yang berbondong-bondong menjemput dan mengantar jenazah dari kamar jenazah RSUP Sanglah menuju Pemakaman Umum Kapaon Denpasar Sabtu, 23 Juli 2016.

12 jenazah yang tidak terurus dan rata-rata kurang lebih lebih 1 tahun terlantar di RSUP Sanglah Denpasar ini rata-rata ditinggalkan oleh keluarganya karena tidak mampu menyelesaikan pembayaran di rumah sakit tersebut. Jenazah yang terdiri dari 2 jenazah dewasa dan 10 jenazah bayi ini akhirnya dapat dimakamkan dengan layak sesuai dengan ketentuan agama Islam.

2Kondisinya yang sempat terkatung-katung rata-rata setahun inilah yang menggugah MUI Bali beserta para pengusaha dan sejumlah relawan yang peduli untuk bahu-membahu mengumpulkan dana untuk bisa menebus mayat-mayat tersebut dari rumah sakit, dan akhirnya dengan terkumpulnya dana seratus juta lebih yang digalang sejak Ramadhan lalu akhir nya pihak rumah sakit melepas mayat-mayat tersebut untuk di bawa pulang dan dimakamkan.

Dengan dihadiri oleh 20 orang para relawan muslim Bali, Ketua MUI Provinsi Bali, Kepala Pengurus Pemakaman Kepaon dan Ketua Pelaksana kegiatan.

Semua jenazah dimasukkan dalam satu lubang kurang lebih 3 X 2 meter yang dipisahkan oleh tumpukan tanah dan triplek. Sayangnya kondisi lubang pemakaman tersebut dipenuhi oleh air, meski petugas sudah menggunakan alat penyedot air, namun air yang terus menerus keluar, membuat mayat-mayat tersebut akhirnya terpaksa dimakamkan dengan kondisi berair.

3
Prosesi Pemakaman.

Ketua MUI Provinsi Bali H. Taufiq menyampaikan, doa bagi para jenazah, ia juga memberikan nasihat kepada para relawan bahwa kegiatan ini adalah wujud kepedulian terhadap sesama dan sebagai kewajiban untuk memulasara jenazah sesuai tuntunan agama, pihaknya juga menyampaikan ucapan terimakasih pada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini. (Yaasir, Imam/SU)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.