Dompet Sosial Madani (DSM) Bali “Bersama Peduli Sesama”

0
2335
Andy Krisna, Direktur Dompet Sosial Madani (DSM).

Denpasar, 18/5 (beritalangitan.com) – Kali ini beritalangitan.com menyambangi Dompet Sosial Madani (DSM) Bali, DSM ini adalah sebuah lembaga sosial yang mengelola dana kemanusiaan, CSR, Sedekah, dan Zakat dari para donasi  dan Muzaqi, beralamat di Jl. Diponegoro no 218 Denpasar Bali, lembaga ini sudah berdiri  selama lima belas tahun dengan dibantu oleh 20 orang karyawan.

Menurut Direktur DSM Andy Krisna (30), DSM sendiri memiliki program utama yaitu “Mewujudkan kepedulian kepada sesama dalam rangkaian aktivitas Program sinergi”. Tujuan program sinergi ini adalah mengajak berbagai pihak untuk bergabung membantu masyarakat yang kurang mampu mengembangkan segenap potensi diri dan lingkungan disekitar agar lebih berdaya secara mandiri.

Program sinergi terdiri empat bidang utama yaitu :

  1. Sinergi Kesehatan, ini adalah sinergi bersama  yang melibatkan semua pihak terkait, program ini melayani hingga pelosok daerah dengan bertujuan agar masyarakat kurang mampu dapat mengakses kesehatan secara gratis, adanya Layanan persalinan keluarga, layanan kesehatan pelosok, bantuan peduli sehat, gizi keluarga sehat dan bina masyarakat sehat.
  1. Pemberdayaan ekonomi, program ini adalah upaya memfasilitasi masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan hidup yang lebih baik.
  1. Sinergi Pendidikan, bertujuan membantu generasi penerus Bangsa menggapai cita-cita dan mimpinya melalui pendidikan, serta membantu para guru untuk memiliki integritas, semangat, dan kompetensi yang baik dalam mendidik. Hal ini ter-aplikasi dalam pelaksanaan program reguler seperti peduli guru pelosok, bantuan anak sekolah dan rumah bakat anak yang masih berjalan sampai sekarang.
  1. Peduli lingkungan dan peduli bencana, air tanah dan udara sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, bersama untuk melestarikan lingkungan hidup serta membantu meringankan beban sesama yang tertimpa bencana. Hal ini diaplikasikan dengan program aksi lestari bumi, aksi peduli bencana dan posko peduli bencana.

Foto-foto Kegiatan DSM

IMG-20160518-WA0003
Wakaf Al-Qur’an.
IMG-20160518-WA0002
Memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat tidak mampu.
IMG-20160518-WA0005
Membantu persalinan keluarga tidak mampu.
Bantuan anak sekolah.
Bantuan anak sekolah.

Selanjutnya menurut Andy Krisna, Bantuan DSM ini disalurkan kepada penerima manfaat yang terdiri dari individu dan kelompok. Bentuk bantuannya berupa bantuan langsung, fasilitas sosial, pelatihan, dan pengembangan komunitas. Dan pihaknya berharap kedepan DSM ini bisa bermanfaat untuk semua golongan dan bisa lebih banyak membantu di sektor pendidikan dan kesehatan.

“Dan insyallah di bulan Ramadhan DSM akan menggelar berbagai program seperti Santri sehat, Waqaf Al-qur’an, kado spesial Ramadhan, Wakaf tunai sepanjang masa, Gerakan bersih-bersih mushola, Buka puasa pelosok dan Belanja bareng yatim Dhuafa”, pungkasnya. (ft/beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.