FKDT Kec. Cibiru Kota Bandung Gelar Wisuda Pelatihan Tamyiz Angkatan ke-1

0
846
Wisudawan terbaik pelatihan tamyiz FKDT Kec. Cibiru Bandung.

Bandung, Beritalangitan.com – Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kec. Cibiru Kota Bandung melaksanakan Wisuda Pelatihan Tamyiz (Metoda Terjemah Al-Qur’an Dan Kitab Kuning) angkatan ke-1 yang diselenggarakan pada Ahad, 30/10/2016, bertempat di lingkungan komplek gedung Sekertariat FKDT Kec. Cibiru Ponpes Miftahut Taufiq Pasir Biru Kec. Cibiru kota Bandung . Acara Wisuda Pelatihan Tamyiz Angkatan ke-1 FKDT Kec. Cibiru yang diikuti oleh 110 Wisudawan ini dengan mengambil tema “Mewujudkan karakter berwawasan Islami menuju generasi Qur’an”.

2
Para Peserta wisuda pelatihan tamyiz FKDT kec. Cibiru Kota Bandung.

Acara Wisuda Pelatihan Tamyiz FKDT Kec. Cibiru dihadiri oleh FKDT Kota Bandung  yang diwakili oleh H. Aceng bagian pemberdayaan SDM, Kemenag Kota Bandung yang diwakili Kasi PD Pontren H. Saripudin M.Ag, Kepala KUA Kec. Cibiru H. Toto Supriyanto, perwakilan dari pihak Kecamatan Cibiru, sesepuh dan pembina ponpes Miftahut Taufiq, serta undangan lainnya. Kegiatan wisuda dimulai dengan pembacaan kalimat Basmalah dan ayat suci Al- Qur’an, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan, Mars Diniyah, dan Himne Diniyah.

Selanjutnya, Ketua FKDT Kec. Cibiru Ustadz Ahmad Solihin dalam acara sambutan-sambutan, menyampaikan sambutannya, “Dengan adanya metoda pelatihan Tamyiz ini saya Punya cita-cita bahwa masyarakat kota Bandung umumnya, khususnya masyarakat Cibiru menjadi generasi-generasi Qur’an, mengerti Al-qur’an, bukan hanya membaca lapadz-nya saja tetapi mampu menerjemahkan Qur’an. Kedepannya anak-anak didik kita mengerti atau juga guru-guru DTA kita mampu memberi pemahaman terjemahan Qur’an terhadap anak didiknya. Dengan metoda tamyiz ini pula generasi kita tidak terkecoh oleh pihak-pihak yang hendak menyelewengkan terjemahan Al-qur’an dari arti yang sebenarnya”, tegasnya.

3
Ustadz Ahmad Solihin Ketua FKDT Kec. Cibiru Kota Bandung.

Lanjutnya, selain terjemah Qur’an, metoda Tamyiz juga bertalian dengan penerjemahan kitab kuning, dimana didalamnya ada ilmu fiqih’ yang isi didalam fiqih itu adalah menyangkut aturan-aturan Islam seperti Ubudiah, Muammalah, Munakahat, Jinayat, Hudud, dan sebagainya. Jadi harapannya tatkala umat Islam khususnya generasi-generasi kita ketika disodorkan aturan-aturan Islam mereka mengerti tentang aturan-aturan Islam tidak acuh bahkan menolak, tetapi mereka menerima sekalipun belum bisa meng-aplikasikan-nya.

Metoda Tamyiz ini adalah salah satu  jawaban dari citra yang melekat di masyarakat  bahwa mempelajari Qur’an itu sulit, padahal Allah Subhanahu Wa Ta’ala sendiri telah menjanjikan bahwa mempelajari Qur’an itu mudah. Kenapa mudah karena bahasa pengantar yang mudah tidak langsung ke bahasa arab, juga belajar Tamyiz ini adalah dengan melibatkan hati atau sudur manusia,” sambungnya.

Disamping ketua FKDT Kec. Cibiru turut pula memberi sambutan dari ketua FKDT kota Bandung yang diwakili oleh H. Aceng dari pengembangan SDM, mengucapkan “Selamat kepada para peserta wisuda pelatihan Tamyiz , serta harapannya setelah prosesi wisuda ini bisa mengajarkan kembali kepada anak didiknya di masing-masing madrasahnya,” tutupnya.

H. Saripudin. M.Ag, kasi PD pontren kemenag Kota Bandung menutup acara sambutan dengan menyampaikan bahwa, “Wisuda hari ini bukanlah akhir belajar dari metoda Tamyiz ini, akan tetapi awal untuk mentrasformasi metoda Tamyiz kepada orang lain, para guru-guru lain, murid-murid, atau minimalnya masyarakat yang ada di lingkungan kecamatan Cibiru ini, serta FKDT Kec. Cibiru ini bisa menjadi percontohan kecamatan lain di Kota Bandung dalam mengembangkan metoda Tamyiz,” pungkasnya.

4
Saripudin. M.Ag, Kasi PD Pontren kemenag kota Bandung.

Acara dilanjutkan dengan prosesi Wisuda Para peserta pelatihan Tamyiz FKDT Kec. Cibiru, satu persatu peserta menerima sertifikat kelulusan sebagai simbol pengukuhan telah selesainya masa pelatihan dan dinyatakan lulus. penyerahan sertifikat pelatihan Tamyiz kepada para wisudawan diserahkan satu per satu oleh Kasi Pd Pontren Kemenag Kota Bandung, H. Saripudin. M.Ag, dan disusul ucapan selamat dari kepala KUA kec. Cibiru H. Toto Supriyanto, dan ketua FKDT kec. Cibiru Ustadz Ahmad Solihin.

5
Prosesi penyerahan sertifikat kelulusan kepada para peserta wisuda pelatihan metoda tamyiz FKDT Kec. Cibiru Bandung.

Wisuda pelatihan Tamyiz FKDT Kec. Cibiru angkatan ke-1 tahun 2016, meluluskan 110 orang dengan rata-rata lulus berpredikat Mumtaz (nilai memuaskan). Dalam acara tersebut, tidak ketinggalan pula pemberian apresiasi kepada wisudawan/wisudawati terbaik, dan santri-santri berprestasi.

Fitriani (39), salah seorang peserta wisuda pelatihan Tamyiz, guru dari  DTA Kifayatul Akhyar Kec. Cibiru menyampaikan kesannya kepada beritalangitan.com, “Merasa bangga dan terharu dengan adanya wisuda Tamyiz ini, karena saya sebagai seorang guru diniyah menjadi lebih bernilai dan punya pengalaman baru, dan dengan belajar metoda Tamyiz ini merasa diri semakin berkualitas, karena tahu bagaimana cara menerjemahkan Al-qur’an dengan mudah,” tuturnya.

7
Ibu fitriani peserta wisuda pelatihan tamyiz fkdt kec cibiru Kota Bandung dari DTA kifayatu akhyar Cibiru kota Bandung.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan-penampilan  anak-anak pelatihan Tamyiz, santri-santri Pondok Pesantren Miftahut Taufiq.

89Ipan Nawawi S.Kom.I sebagai ketua panitia pelaksanaan Wisuda Pelatihan Tamyiz FKDT Kec. Cibiru sekaligus staf pengajar metoda Tamyiz menyampaikan, “Alhamdulillah untuk angkatan pertama ini dari segi target pembelajaran, bahwa metoda Tamyiz itu bisa khatam terjemah Al-Qur’an 25 juz, alhamdulillah itu tercapai dengan teknis 25 kali pertemuan selama tiga bulan, untuk pelaksanaan wisuda ini alhamdulillah sukses diikuti oleh 110 peserta dari 3 kelompok belajar yaitu Guru-guru dari FKDT kec. Cibiru, santri-santri pontren Miftahut Taufiq, dan tim beritalangitan.

10
Ipan Nawawi S.Kom. I.

Harapannya kepada para lulusan untuk selalu senantia berkomunikasi aktif dengan kami tim pengajar, agar jika ada hal-hal yang perlu diperdalam lagi mengenai materi metoda Tamyiz ini terutama dalam mengajarkan lagi kepada yang lain bisa kita bongkar dan bahas bersama,” Pungkasnya. (aw)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.