Kemenag Garut Siap Melepas Lebih dari 1000 Calon Jamaah Haji

0
1002
Kepala Seksi Penyelenggaran Haji dan Umroh, Irwan Nurjaman. (Fhoto : Cg/Beritalangitan.com)

Garut, 21/7 Beritalangitan.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut menggelar acara manasik haji tingkat kabupaten, kamis (21/07). Acara ini dilaksanakan di gedung serbaguna Islamic Center jalan pramuka no. 24 Garut.

Manasik kali ini diselenggarakan dalam dua gelombang yaitu tanggal 20 sampai dengan 21 Juli 2016, hal tersebut dikarenakan jumlah Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat haji tahun ini cukup banyak yaitu mencapai 1444 orang hingga nantinya akan terbagi menjadi empat kloter.

IMG_2353 (1)
Jamaah Calon Haji (JCH).

Namun Kemenag Kabupaten Garut berkomitmen akan terus melakukan perbaikan penyelanggaraan ibadah haji, melalui peningkatan kualitas dari manasik haji hingga nanti saat pemberangkatan para Jamaah, karena keberhasilan manasik menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji.

Saat di temui beritalangitan.com di kantor IC kabupaten Garut, Kepala Seksi Penyelenggaran Haji dan Umroh Irwan Nurjaman mengatakan, bahwa tujuan utama dari manasik haji ini adalah untuk memberikan bekal tentang perlindungan juga tentang hak dan kewajiban yang harus dijalankan oleh JCH, seperti hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, dan pelayanan lainnya dalam pelaksanaan haji.

IMG_2351
Jamaah Calon Haji (JCH).

Hal lain, yang juga diterangkan adalah, bimbingan dan tata cara tentang melaksanakan ibadah haji yang benar, sehingga dalam pelaksanaannya nanti jamaah bisa mandiri, dan lebih mantap dalam pelaksanaan karena sudah dibekali pengetahuan untuk memperoleh haji yang mabrur.

“Hal itu juga dilakukan agar JCH mendapat bekal pelayanan terutama tentang administrasi dan kelengkapan dokumen menuju Tanah Suci Mekkah,” lanjutnya.

Ajam Mustajam selaku Kabid Haji dalam pembekalan menyampaikan, selain kesiapan  pengetahuan dan keterampilan, yang paling penting lagi adalah kesiapan mentalitas para JCH dalam melaksanakan ibadah haji itu sendiri, sehingga para JCH sudah siap, baik secara fisik dalam bentuk kesehatan maupun secara mentalitas berupa ilmu pengetahuan dan keterampilan. (Cg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.