Ridwan Kamil: “Mengutamakan Asas Keadilan Dalam Seleksi PPDB 2016 Kota Bandung”

0
902
Konferensi Pers terkait pengumuman seleksi PPDB 2016

Bandung, 05/07 (beritalangitan.com) – Hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung jalur akademik telah diumumkan secara daring (online) melalui situs http://ppdb.bandung.go.id hari Senin, 04 Juli 2016 jam 13.00 wib.

Berdasarkan data Pantia PPDB Kota Bandung, jumlah peserta didik baru yang akan diterima dari jenjang SD hingga SMA/SMK mencapai 59.544 orang. Sedangkan jumlah pendaftar mencapai 74.338 orang. Artinya, 14.794 tidak diterima di sekolah negeri.

Aturan PPDB tahun 2016 ini lebih mengutamakan asas keadilan dan aturan berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) ini telah beberapa kali lulus uji publik. “Artinya ini konsep musyawarah dari semua pihak bukan semata konsep dari wali kota pribadi.” Ujar Ridwan Kamil dihadapan para wartawan dalam Konferensi Pers di Pendopo Kota Bandung, Senin (04/06).

Pertimbangan biaya transportasi yang cukup tinggi dibandingkan biaya SPP atau kebutuhan sekolah lainnya serta aspek psikologis yaitu tingkat stres anak yang berbanding lurus dengan jarak tempuh rumah ke sekolah. Dengan pertimbangan itu, maka pemerintah kota Bandung menentukan aturan baru dalam PPDB kali ini.

Diharapkan kedepannya tidak ada lagi istilah ‘sekolah favorit’ lagi karena semua sudah sama, ujarnya menambahkan.

Dengan asas keadilan ini menjadikan jalur masuk PPDB ada 10 route, seperti jalur khusus Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP), akademik dan non akademik, dalam wilayah dan luar wilayah, prestasi dan non prestasi dan jalur masuk lainnya.

Khususnya RMP yang tidak masuk sekolah negeri, pemkot akan memfasilitasi mereka untuk masuk sekolah swasta melalui bentuk pendampingan dari Dinas Pendidikan Kota Bandung.

“Ini sudah menjadi kesepakatan kami Pemkot dan Dewan untuk menjamin khususnya siswa RMP untuk tetap dapat melanjutkan pendidikan” tegas Emil.

Yang unik adalah informasi mengenai anak Wali Kota dan ketua DPRD kota Bandung yang gagal dalam seleksi PPDB sekolah negeri kali ini. (Yd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.