7 Masjid tertua dan paling bersejarah di dunia

1
2435
Masjid Quba

Beritalangitan.com – Mesjid adalah tempat ibadah umat islam. Di beberapa negara, masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga menjadi tujuan wisata. Keindahan, kemegahan dan nilai sejarah masjid menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan.  Berikut ini adalah 7 masjid tertua dan paling bersejarah di dunia yang selama ini menjadi tujuan wisata religi.

Masjid Quba

Masjid Quba
Masjid Quba

Semua masjid yang berada di Makkah, Madinah, dan Palestina selalu istimewa bagi umat Islam. Masjid-masjid ini punya nilai yang lekat dengan sejarah peradaban Islam. Begitupun dengan masjid Quba.

Masjid Quba punya nilai historis yang sangat tinggi. Masjid ini adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW pada awal peradaban Islam, tepatnya pada 8 Rabiul Awal pada 1 Hijriyah. Lokasinya berada di 5 kilometer tenggara Kota Madinah

Dulu, masjid ini dibangun dengan bahan yang sangat sederhana. Seiring berjalannya waktu, renovasi banyak dilakukan Kerajaan Arab Saudi. Dalam buku “Sejarah Madinah Munawwarah” yang ditulis Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani, masjid ini direnovasi besar-besaran pada 1986.

Al-Masjid al-Nabawi, Madinah

Masjid al-Nabawi, Madinah
Masjid al-Nabawi, Madinah

Masjid Nabawi adalah salah satu mesjid terpenting yang terdapat di Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini merupakan masjid tertua kedua yang dibangun oleh Rasulullah S.A.W, setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah beliau dari Mekkah ke Madinah.

Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah S.A.W. tiba di Madinah. Lokasi masjid semula adalah tempat penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin ‘Amr, yang kemudian dibeli oleh Rasulullah S.A.W untuk dibangun masjid dan tempat kediamannya.

Masjid ini sekaligus menjadi makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid yang utama bagi umat Muslim setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem. Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar ke-2 di dunia, setelah Masjidil Haram di Mekkah.

Masjid al-Qiblatain, Madinah

Masjid al-Qiblatain, Madinah
Masjid al-Qiblatain, Madinah

Masjid tertua didunia yang ketiga adalah masjid al-qiblatain ini berada di kota Madinah di mana dulunya menjadi tempat untuk Nabi Muhammad memimpin doa. Selain itu, diperintahkannya juga untuk melakukan pengubahan arah shalat (kiblat) dari yerusalem ke mekah. Belum lama ini, masjid tersebut mengalami renovasi.

Masjid Qiblatain artinya masjid dua kiblat. Masjid ini mula-mula dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Letaknya di tepi jalan menuju kampus Universitas Madinah di dekat Istana Raja ke jurusan Wadi Aqiq atau di atas sebuah bukit kecil di utara Harrah Wabrah, Madinah.

Jawatha Mosque

Jawatha Mosque
Jawatha Mosque

Masjid Jawatha (juga salah dieja Al-Jawana) terletak di desa Al-Kilabiyah, sekitar 12km timur laut Hofuf, Al-Ahsa, Arab Saudi. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun di timur Saudi dan sebagian besar struktur asli berupa reruntuhan. Namun masjid ini masih digunakan untuk doa.

Masjid ini dibangun tahun ketujuh hijrah oleh suku Bani Abdul Qais yang tinggal di sana sebelum dan di awal periode Islam. Masjid ini dipercaya sebagai masjid pertama yang dibangun di Provinsi Timur. Konon, ketika batu Hajr Al Aswad dicuri dari Mekah oleh Qarmatians, batu tersebut disimpan di masjid ini selama hampir 22 tahun.

Sebagian besar struktur asli masjid telah hilang dan tetap dalam bahaya kehancuran. Hanya lima kecil lengkungan bata lumpur tetap. Reruntuhan mungkin terlihat tanggal dari sekitar abad 9. Masjid ini merupakan situs ketiga paling suci dalam Islam.

Masjid al-Haram, Mekah

Masjid al-Haram, Mekah
Masjid al-Haram, Mekah

Inilah masjid terbesar dan tersuci di dunia. Masjid ini memiliki 9 menara dan telah mengalami beberapa kali renovasi serta penambahan bangunan. Di sinilah terdapat Ka’bah, tempat paling suci bagi umat Islam. Setiap tahunnya, lebih dari satu juta peziarah datang ke sini untuk menunaikan ibadah Haji.

Umat Islam percaya, Ka’bah merupakan bangunan pertama yang didirikan di bumi oleh Nabi Adam, dilanjutkan Nabi Ibrahim dan terakhir, Nabi Muhammad. Masjid ini mengelilingi kabah. Masjid al-Haram juga disebut-sebut sebagai masjid agung dan merupakan salah satu masjid tertua didunia.

Great Mosque of Kufa, Iraq

Masjid Kufa, Irak
Masjid Kufa, Irak

Masjid agung Kufah terletak di kufah, irak. Masjid ini termasuk dalam daftar masjid yang didirikan paling awal dalam islam. Bangunannya dibangun kira-kira di abad ke-7.

Mosque of Uqba, Tunisia

Mosque of Uqba, Tunisia
Mosque of Uqba, Tunisia

Masjid uqba disebut juga sebagai masjid agung kairouan. Masjid ini menjadi salah satu terpenting yang ada di Tunisia. (aw)

Sumber : simomot.com

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.