Menguak Sedikit Realita Tentang Pahlawan Tanpa Dibalas Jasa

Oleh : Rian Sagita

0
255

Cerita kecil penjaga pintu kereta

Menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain tidak selalu perlu kesempurnaan fisik ini dibuktikan oleh Rustandi, seorang penderita katarak, dan berprofesi sebagai penjaga palang pintu perlintasan kereta di kampung balengbeng Desa mayak kecamatan Cibeber kabupaten Cianjur. Ahad 22/12/19

Rustandi telah menjadi penjaga pintu perlintasan kereta semenjak dibukanya kembali jalur kereta Cianjur-Sukabumi sekitar tahun 2017

Awalnya Rustandi merasa khawatir melihat pintu perlintasan kereta yang tidak ada penjaganya

“Saya suka khawatir kalau tiba-tiba kereta lewat terus tidak ada yang jaga pintu terus (masyarakat yang lewat) tertabrak, gimana?
Akhirnya Saya berinisiatif untuk menjadi penjaga pintu perlintasan kereta di sini” Tutur Mang Rustandi.

Meskipun demikian, dalam menjalani profesinya ini, Mang Rustandi tidak mendapatkan tunjangan atau upah dari PT. KAI. Padahal dia memiliki kebutuhan untuk mengobati keterbatasan matanya yang kian hari kian memburuk. Dan dibalik itu beliau pun mempunyai anak yang memiliki keterbatasan fisik dan mental (disabilitas).

Adapun uang yang ia dapatkan hanya dari warga yang melintas. Itupun hanya sekadarnya saja. Namun Mang Rustandi menyikapi bahwa hal itu bukanlah hal yg perlu di permasalahkan yang penting dia bekerja ikhlas membantu masyarakat yang melintas agar terhindar dari kecelakaan.

Untuk kebutuhan berobat dirinya, Mang Rustandi pernah mengusahakan untuk mengajukan bantuan melalui SKTM dari pejabat setempat. Namun, karena mahalnya biaya operasi, akhirnya hal tersebut hanya sia-sia.

Mang Rustandi sangat berharap ada dermawan yang mampu memfasilitasi kebutuhan untuk berobat dirinya dan anaknya. Namun, apapun yang terjadi Mang Rustandi tetap mensyukuri atas kondisinya itu, yang penting dia tetap bisa membantu masyarakat meskipun dengan kondisi yang penuh keterbatasan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.