Ust. Muchtar Daeng Lau “Memantik Hikmah dari Bom Makassar”

0
1341

Ust. Muchtar Daeng Lau (kiri) bersama Prof. Dr. H. Yusril Ihza Mahendra, SH (tegah) dan Bachtiar Adnan Kusuma (Kepala Biro Beritalangitan.com, Makassar Bali)

beritalangitan.com – Siapa yang tidak kenal Bom Makassar, pada 5 Desember 2002 akhir Ramadhan, malam takbiran  di dua tempat, Mc Donald’s Mall Ratu Indah dan Show Room NV Kalla.

Ust. Muchtar Daeng Lau adalah korban yang dituduh pelaku. Namun, apa lacur proses hukum Daeng Lau ternyata dilanjutkan sesuai BAP dan divonis seperti layaknya pelaku bom.

Daeng Lau ikhlas menjalani hari-harinya di sel tahanan sembari berdakwah dan mengajarkan Al-Qur’an kepada sesama napi. Selama menjalani proses hukuman 5 tahun, Daeng Lau mendirikan Majelis Taklim Hikmatul Mushibah di LP Gunung Sari Makassar. Bagi Daeng Lau, musibah dan cobaan yang menimpanya adalah pilihan yang terbaik dari pada memilih untuk diri sendiri.

Kini selepas dari LP Gunung Sati, aktif berdakwah dan mengajar di berbagai pesantren di Makassar. Ia tercatat sebagai Ketua FUIB Sulsel dan menulus buku “Sekelumit Bom Makassar” pada 2008. Hidup dengan jalur berdakwah adalah jalan terbaik bagi Daeng Lau.

“Saya bersyukur karena akrab dengan Daeng Lau sejak sama-sama tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Alauddin 1990”, kenang Bachtiar Adnan Kusuma. (BAK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.