Renungan Idul Fitri 1437H Ahmad Heryawan: “Jadikan Pelajaran Atas Silih Bergantinya Peradaban Di Dunia”

0
663
Ceramah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada perayaan Idul Fitri 1437H di Lapang Gazebo Bandung, Rabu (06/07/16)

Bandung, beritalangitan.com – Bulan Ramadhan telah meninggalkan kita, bulan terbaik disisi Allah SWT. Dimana didalamnya kita dituntut untuk memberikan amal-amal terbaik untuk menggapai malam lailatul qodar agar mencapai derajat taqwa.

Waktu terus berlalu, peradaban silih berganti. Banyak contoh telah terjadi bangsa-bangsa pemimpin peradaban terus berganti, memberikan kita pelajaran betapa kekuatan dapat menjadi tidak berdaya jika ajal kehancurannya telah tiba.

Mesir kuno dibawah kepemimpinan Firaun, kejayaan selama 25 abad akhirnya hancur. Kekuasaan Persia yang dikenal dengan luasnya wilayah pun  runtuh. Begitu pula Romawi serta kekaisaran Ottoman Turki juga bernasib sama.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT. yang menyatakan bahwa kekuasaan dan kejayaan dikalangan manusia pasti akan dipergilirkan silih berganti agar menjadi pelajaran bagi manusia sebagai suatu kefanaan.

Begitu pula berbagai ikatan dan persatuan dalam kelompok manusia akhirnya pecah karena lemahnya ikatan antara entitas didalamnya. Semua bentuk ikatan persatuan, persaudaraan dan pertemanan yang hanya berdasarkan keduniawian pasti fana, berakhir dan tidak abadi. Hanya ikatan berdasarkan keimanan dan taqwa kepada Allah SWT. lah yang akan abadi.

Rosulullah Muhammad SAW, pun menggambarkan bahwa kelak disekitar Arasy Allah SWT. terdapat orang-orang yang diliputi cahaya, mereka bukan nabi, bukan pula syuhada, namun mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah SWT., saling bersahabat dan bersaudara karena Allah SWT. Hadits diatas menunjukan dengan tegas bahwa persahabatan, pertemanan dan persatuan akan abadi sampai hari kiamat manakala dasarnya adalah iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Kebesaran dan kejayaan Islam pernah memimpin peradaban dunia dalam rentang waktu yang sangat lama, seharusnya menjadikan rasa opimis bagi seluruh umat Islam Indonesia karena Islam telah memberikan sumbangsih berupa kemajuan, kesejahteraan dan tatanan dunia yang lebih adil.

Umat Islam telah ditakdirkan oleh Allah SWT. menjadi umat mayoritas di muka bumi ini dengan membawa rahmat bagi semesta alam sesuai sabda Rosulullah “Sesungguhnya Allah SWT. memperlihatkan semua bagian bumi kepadaku!, Aku melihat belahan bumi paling timur dan Aku melihat bagian bumi paling barat dan Allah SWT. mengabarkan bahwa umatku akan sampai pada bagian itu (timur-barat) semuanya”.

Mengaca pada semangat para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, banyak diilhami oleh mereka berjuang atas dasar kekuatan religius dan aqidahnya. Refleksi dari perjalanan sejarah dan peradaban tersebut seharusnya menjadi pelajaran bahwa kekuatan kebangkitan nasionalisme kita seharusnya berbasis kepada kekuatan Iman dan Aqidah. (Yd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.