Terlihat Jorok Tapi Menyehatkan

0
1199
MELIHAT suatu hal yang jorok, tentu tidak akan kita lakukan bukan? Tapi ternyata Rasulullah ﷺ melakukan salah satu hal yang terlihat jorok.

Setelah makan, biasanya Rasulullah ﷺ akan menjilati jari-jarinya. Hal ini mungkin terlihat jorok, tetapi ternyata memiliki efek yang baik bagi kesehatan.

Beritalangitan.com – Melihat suatu hal yang jorok, tentu tidak akan kita lakukan bukan? Tapi ternyata Rasulullah ﷺ melakukan salah satu hal yang terlihat jorok. Apakah itu? Usai makan Rasulullah ﷺ terbiasa menjilati jari-jari tangannya. Hal ini beliau lakukan untuk membersihkan jari-jari tangannya dari kotoran.

Bagi kebanyakan orang, makan menggunakan tangan itu terasa aneh. Sebab, kini kita tahu ada alat yang bisa digunakan untuk makan yang dirasa lebih efisien, seperti halnya sendok dan garpu. Dalam Islam ternyata, kita diperkenankan untuk makan menggunakan tangan. Selain mengurangi biaya pengeluaran, juga kita akan merasakan kenikmatan makan yang berbeda.

Rasulullah ﷺ biasanya makan menggunakan tiga jari serta sering menjilati jari setelah makan. Hmm… jangan berpikir aneh bin jorok dulu ya. Tiga jari tangan yang digunakan yakni jari jempol, telunjuk dan tengah. Ini dimaksudkan agar asupan makanan yang kita makan tidaklah berlebihan. Sehingga, enzim ptyalin yang diproduksi oleh kelenjar ludah menjadi maksimal dan pencernaan dapat berjalan maksimal juga.

Makan menggunakan tangan juga memiliki manfaat besar lho! Setelah kita mencuci tangan dengan bersih, tangan yang digunakan untuk makan akan mengeluarkan enzim RNAse yang mampu mengikat bakteri dalam tubuh.

Selesai makan, Nabi juga sering menjilati tangan yang digunakan makan. Ini memiliki manfaat berupa terbantunya proses pencernaan makanan. Sebab, tangan mengeluarkan enzim yang memperlancar proses pencernaan makanan yakni amilase.

Subhanallah, ternyata yang terlihat jorok ini memiliki manfaat baik bagi kesehatan kita. [die]

Referensi: Tau Gak Sih Islam Itu Sehat?/Karya: Dr. Faza Khilwan Amna, MMR dan Dr. Hendri Okarisman/Penerbit: Aqwamedika

Foto: www.tabloidbintang.com

 

Sumber : Islampos

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.