10 Manfaat Tomat

0
815

Beritalangitan.com – Makan banyak tomat, cara apapun yang Anda bisa, adalah hal yang hebat. Buah ini juga merupakan sayuran sarat dengan manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah 10 alasan mengapa kita harus memiliki tomat di dapur kita :

  1. Tomat mengandung keempat karotenoid utama: alpha dan beta-karoten, lutein dan lycopene. Karotenoid ini mungkin memiliki manfaat individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan).
  2. Secara khusus, tomat mengandung jumlah mengagumkan dari lycopene, diduga memiliki aktivitas antioksidan tertinggi dari semua karotenoid.
  3. Tomat dan brokoli memiliki sinergi yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Salah satu studi tentang prostat menunjukkan bahwa tumor prostat tumbuh lebih lambat pada tikus yang diberi makan tomat dan bubuk brokoli dari pada tikus yang diberikan lycopene sebagai suplemen atau makan hanya brokoli atau tomat bubuk saja.
  4. Diet yang kaya dengan produk berbasis tomat dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas, menurut sebuah studi dari University of Montreal. Para peneliti menemukan bahwa lycopene (disediakan terutama oleh tomat) dikaitkan dengan penurunan 31% risiko kanker pankreas antara laki-laki dengan intake tertinggi dan terendah dari karotenoid ini.
  5. Tomat mengandung semua tiga antioksidan bertenaga tinggi: beta-karoten (yang memiliki vitamin A dalam tubuh), vitamin E, dan vitamin C.
  6. Tomat kaya akan kalium, mineral yang sebagian besar dari kita tidak mendapatkannya secara cukup. Secangkir jus tomat mengandung 534 miligram kalium, dan 1/2 cangkir saus tomat memiliki 454 miligram kalium.
  7. Ketika tomat yang dimakan bersama dengan lemak sehat, seperti alpukat atau minyak zaitun, penyerapan tubuh dari phytochemical karotenoid dalam tomat dapat meningkat dua sampai 15 kali, menurut sebuah studi dari Ohio State University.
  8. Tomat adalah bagian besar dari Mediterranean diet yang terkenal sehat. Banyak hidangan Mediterania dan resep panggilan untuk tomat atau pasta tomat atau saus. Beberapa studi terbaru, termasuk satu dari The University of Athens Medical School, telah menemukan bahwa orang yang paling dekat mengikuti diet Mediterania memiliki tingkat kematian lebih rendah dari penyakit jantung dan kanker. Para peneliti dari Harvard School of Public Health, yang diikuti lebih dari 39.000 wanita selama tujuh tahun, menemukan bahwa konsumsi minyak dan berbasis tomat produk – terutama tomat dan saus pizza – dikaitkan dengan manfaat kardiovaskular.
  9. Ketika ibu menyusui makan produk tomat, meningkatkan konsentrasi lycopenein ASI mereka. Dalam hal ini, dimasak adalah yang terbaik. Para peneliti juga menemukan bahwa produk tomat seperti saus tomat mengalami peningkatan konsentrasi lycopene dalam ASI lebih baik dari makan tomat segar.
  10. Kulit tomat berkontribusi pada tingginya konsentrasi karotenoid yang ditemukan dalam tomat. Jumlah karotenoid diserap oleh sel-sel usus manusia adalah jauh lebih besar dengan pasta tomat diperkaya dengan kulit tomat dibandingkan dengan pasta tomat tanpa kulit, menurut sebuah studi dari Marseille, Perancis. Kulit tomat juga memegang sebagian besar flavonol (keluarga lain dari phytochemical yang mencakup quercetin dan kaempferol) juga. Jadi untuk memaksimalkan tomat bagi kesehatan, jangan kupas mereka! (aw)

 

Sumber : saegarden.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.