Adab Makan dan Minum Dinukil Dari Kita IHYA ULUMUDIN

0
1564

Oleh : Ridwan Rahmatulloh*

Beritalangitan.com – Alloh SWT. Telah berfirman, “Hai Rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, serta kerjakanlah amal yang shaleh”. (QS.Al-Mukmin: 51).

Di samping memakan makanan yang halal, makan dan minum juga hendaklah diniati untuk beribadah dan bertakwa dengan mentaati alloh serta beribadah kepadanya. Jikalau kalian sedang makan hanya karena Alloh, maka patutlah kalian mencuci tangan terlebih dahulu.

Di hukum makruh makan dan minum sambil tidur dan bersandar, melainkan bilamana ada yang memberatkannya, haruslah ia berniat makan dan minum sedikit, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Tidaklah ada anak Adam memenuhi sebuah wadahnya yang lebih buruk dari pada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan yang menegakkan sulbiyah. Jikalau tidak dapat dilakukannya, Maka sepertiga bagi makanan, sepertiga minum-minuman, serta sepertiga bagi nafas”. 

Dengan demikian, ia haruslah tidak makan,melainkan sesudah lapar, sebab kalau makan terlalu kenyang dapat membuat hati menjadi keras.

Jikalau sedang makan, yang pertamakali yang harus dilakukan adalah dengan membaca bismillah sedangkan sesudahnya membaca Alhamdulillah. Adalah baik jika setiap akan makan sesuap mengucapkan bismillah agar tidak lalai dalam menyebut nama Alloh SWT. Maka pada suapan yang pertama ucapkanlah bismillah, sedangkan yang keduamengucapkan bislillahirrahman, sedangkan pada suapan yang ketiga mengucapkan bismillahirrahmanirrahim. hendaklah membaca dengan suara yang keras untuk mengingatkan yang lainnya.

Sedangkan kalau makan haruslah dengan tangan kanan serta mengambil yang terdekat terlebih dahulu sebelum mengambil yang lain. Haruslah tidak mencela makanan yang telah disediakan, seperti halnya Rasulullah SAW, beliau tidak pernah mencela makanan. Kalau kalian ingin makan kurma hendaklah memakannya dalam bilangan yang ganjil dan tidak mengumpulkan diantara biji dan kurma dalam satu piring.

Jikalau ingin minum, hendaklah kalian mengambil gelas dengan tangan kanan seraya berkata ‘bismillah’. Minumlah dengan mengisapnya tidakdengan meneguknya. Hendaklah kalian minum dalam tiga nafas. Ketika sudah selesai minum ucapkanlah alhamdulillah.

Jikalau sudah selesai makan, dianjurkan memngut makanan yang tercecer serta membersihkan makanan di sela-sela gigi. Sesudah itu cucilah kedua tangan kalian. Pahamilah ini, niscaya kalian beruntung. Wallahu a’lam..

*Ridwan Rahmatulloh adalah KSPP beritalangitan.com dari pesantren Sirojul Huda, Garut

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.