Madu Dapat Mengobati Diabetes

0
980
Ilustrasi (obatdiabetesalamijg.com)

Beritalangitan.com – Seperti yang kita ketahui madu adalah obat semua penyakit temasuk diabetes baik yang baru atau sudah lama seperti yang dialami ayah Anda. Rasulullah SAW pernah bersabda “Hendaklah kalian menggunakan dua obat: madu dan Al-Quran.“ (HR Ibnu Majah).

Setiap hari seekor lebah dapat menghasilkan hampir 10 gram madu. Dan untuk mencapai jumlah itu seekor lebah harus pulang pergi dan ke sarangnya sebanyak 60 kali.

Ilmu pengetahuan modern telah menetapkan bahwa salah satu manfaat madu asalah karena dia mengandung enzim gandum yang dapat mengubah ammonia zat gula yang dapat merangsang dan memperkuat lambung.

Madu juga dapat memperkuat jantung. Karena glukosa memang jelas bermanfaat bagi kesehatan otot jantung. Madu dapat menggantikan zat-zat yang hilang yang disebabkan kerja jantung yang tidak pernah berhenti. Selain itu, madu juga dapat menjadikan jantung lebih kuat dan awet.

Kandungan zat prostaglandin yang terdapat di dalam madu adalah sebuah zat yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Kekurangan zat ini akan menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit.

Madu juga dianggap sebagai zat antibiotic yang mampu membunuh bakteri dan kuman. Salah seorang ilmuwan pernah melakukan percobaan dengan menggunkan madu. Dia melakukan percobaan dengan cara membenamkan berbagai jenis bakteri yang menjadi penyebab beberapa macam penyakit ke dalam madu alami. Hasilnya sungguh di luar dugaan: madu dapat membunh bakteri Typhoid (penyebab penyakit thypus) dalam waktu 48 jam. Kuman-kuman penyebab radang paru-paru berhasil dibunuh oleh madu dalam 4 hari dan bakteri penyebab disentri terbunuh dalam waktu 10 jam.

Madu mengandung zink yang berperan penting dalam merangsang sel-sel pertahanan yang menjadi bagian utama dalam proses perlawanan terhadap sel-sel kanker, di samping sel-sel pertahanan tubuh lainnya.

Para ahli juga menyatakan bahwa hasil dari serangkaian penelitian yang dilakukan oleh beberapa kelompok peneliti di pusat-pusat penelitian semakin menegasakan bukti bahwa madu memang memliliki kemampuan luar biasa untuk melawan tekanan proses oksidasi, karena mengandung banyak unsur antioksidan. Madu juga berperan penting dalam pengaturan tekanan darah dan untuk menambah kadar hemoglobin di dalam darah.

Madu juga digunakan dalam pengobatan gangguan organ pencernaan, karena madu mampu mengurangi kelebihan asam di dalam lambung yang dapat menyebabkan peradangan (tukak lambung). Banyak dokter yang menggunakan madu untuk mengobati penyakit tukak lambung dan radang usus 12 jari. Madu juga digunakan untuk mengobati flu, kedinginan, batuk-batuk, dan penyakit paru-paru.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan, dapat dibuktikan bahwa penderita diabetes (kencing manis) jika mengonsumsi madu, kadar gula dalam tubuh mereka berkurang layaknya orang-orang sehat. Sebab madu mengandng zat oksidan yang dapat membuat gula lebih mudah diserap tubuh sehingga tidak larut di dalam darah dengan kadar gula yang tinggi

Manfaat madu juga jelas tampak jika penyakit kencing manis tidak lagi menyebabkan ketiadaan insulin, namun menyebabkan sulitnya menstimulasi sel-sel yang memisahkannya dari darah. [die]

Sumber : Islampos.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.