Efek Mengkonsumsi Obat dengan Air Teh

0
1081
Ilustrasi

Beritalangitan.com – Teh adalah minuman yang menyegarkan yang biasa dikonsumsi masyarakat saat senggang ataupun sedang bekerja, termasuk di Indonesia. Kandungan teh yang beragam membuatnya bermanfaat dalam segi kesehatan.

Kafein merupakan salah satu kandungannya yang berperan sebagai perangsang sususan saraf pusat. Teh juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga menghambat penuaan dini.

Kandungan lain dari teh adalah senyawa tanin. Bentuk tanin ketika dilihat secara mikroskopik, menyerupai jarum yang berujung runcing.

Selain diminum saat santai atau sambil makan, sering juga kita jumpai air teh digunakan untuk minum obat. Bagi anda yang sering mengonsumsi obat dengan air teh,  perlu diketahui bahwa senyawa tanin tersebut dapat memberi first pass effect atau efek lintas utama pada obat.

Efek ini merupakan hal yang merugikan sebab obat akan dimetabolisme sebelum didistribusikan ke tempat aksi. Sehingga, kerja obat menjadi tidak efektif karena metabolisme obat tersebut menyebabkan obat langsung diekskresikan.

Oleh karena itu sebaiknya mengonsumsi obat dengan air putih saja agar kerja obat lebih efektif. (Annie Rahmatillah/die)

Sumber: muslimdaily.net 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.