Fakta Tentang Kopi Dan Kafein

0
2748
Coffee Cup on Coffee Beans --- Image by © David Arky/Corbis

Beritalangitan.com – Sebagai seorang muslim sudah sepatutnya kita harus mengetahui dan memahami ilmu apapun dalam sendi kehidupan ini, terlebih ilmu yang berkaitan dengan ibadah. Karenanya dengan ilmu kita dapat mengetahui rambu – rambu dan peta perjalanan menuju keselamatan di dunia maupun di akhirat. Tentang makananpun Islam telah mengatur aturan main dalam wilayah aksinya. Dengan ilmu kita tidak akan terjebak kedalam wilayah subhat apakah makanan yang kita makan termasuk halal atau haram, thoyyibah atau khobitsah.

Begitupun dengan bahasan sederhana ini tentang kopi dan kafein, seandainya kita tidak mengetahui ilmu tentangnya bisa jadi kita terjebak kedalam wilayah subhat terlebih jatuh kedalam keharaman (naudzuubillah). Pada dasarnya kopi itu halal (thoyyibah) dan bermanfaat buat kesehatan kalau kita tahu takaran mengonsumsinya, tetapi hukum thoyyiban bakalan hilang dan menjadi tidak baik dikonsumsi oleh tubuh (khobaits) jika dalam mengkonsumsinya berlebihan.

Pada tulisan kali ini masih seputar kopi penulis sajikan beberapa fakta tentang kopi dan kafein yang dikutip dari mey20.wordpress.com dan amazine.co. Mudah – mudahan bisa bermanfaat dan menjadi ilmu sebagai panduan pola hidup sehat.

Berikut ada berapa fakta tentang minuman kopi :

Fungsi Kafein

Kafein diserap dan didistribusikan dengan sangat cepat. Setelah diserap tubuh, substansi ini langsung masuk ke dalam otak.

Kafein tidak menumpuk dalam aliran darah atau disimpan dalam tubuh. Zat ini langsung diekskresikan melalui urin beberapa jam setelah dikonsumsi.

Makanan Sumber Kafein

Zat ini ditemukan secara alami dalam daun, biji, dan buah-buahan pada lebih dari 60 tanaman, termasuk daun teh, kacang kola, kopi, dan kakao.

Efek Samping Kafein

Asupan kafein berlebih dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung, buang air kecil berlebihan, mual, muntah, gelisah, cemas, depresi, tremor, dan sulit tidur.

Secara khusus, efek kafein pada penyakit payudara fibrokistik, jantung dan pembuluh darah, cacat lahir, fungsi reproduksi, dan perilaku pada anak-anak telah diteliti dengan seksama.

Seseorang yang mengalami kecanduan kafein akan menunjukkan beberapa gejala seperti sakit kepala, mengantuk, lekas marah, mual, muntah, dan gejala lainnya.

Dosis Harian Kafein

Tiga cangkir kopi (sekitar 250 miligram kafein) per hari dianggap sebagai dosis rata-rata atau sedang kafein yang bisa dikonsumsi seseorang.

Sepuluh cangkir kopi per hari dianggap sebagai asupan berlebihan kafein.

Wanita yang sedang hamil atau seseorang yang memiliki penyakit jantung koroner atau tukak lambung disarankan untuk membatasi atau menghindari asupan kafein.

Keracunan Kafein

Keracunan kafein adalah suatu kondisi atau keadaan gelisah akibat terlalu banyak minum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya.

Rasa gelisah dan bersemangat, gemetar, detak jantung cepat, peningkatan frekuensi buang air kecil, dan terkadang masalah pada sistem pencernaan merupakan kondisi yang menunjukkan overdosis kafein.

Kondisi ini disebabkan oleh dosis kafein yang lebih dari 300 mg.

Withdrawal

Kecanduan kafein dapat mengakibatkan gejala withdrawal (gejala kecanduan) jika penggunaan kafein dihentikan. Efek ini dapat berkisar dari ringan sampai parah, termasuk diantaranya adalah sakit kepala, kebingungan, depresi, mual, dan kelelahan.

Kafein bisa membunuhmu

Terutama jika kamu sangat maniak kopi, yakni menenggak kopi lebih dari 10 cangkir sehari. Jadi jangan coba-coba ya.

Kopi bisa juga baik buatmu

Studi membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi sehari, sudah bermanfaat. Jika tidak suka kopi, bisa coba teh hitam.

Kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan

Menurut ilmuwan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi.

Kafein bisa mengurangi rasa sakit

Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, mampu meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga, demikian menurut sebuah studi kecil. Tapi lagi-lagi ini hanya berlaku buat mereka yang bukan pecandu kopi.

Kafein bisa bikin kita begadang

Buat yang ingin melek semalaman akan terbantu dengan kopi. Yang tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum jam tidur agar tidak terganggu jam istirahatnya.

Kopi yang dekafein pun mengandung kafein

Walaupun istilahnya dekafein, alias bebas kafein, tetap saja kopi tersebut mengandung kafein. Kalau kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama saja dengan minum satu-dua cangkir kopi kafein.

Kafein itu bukan bagian yang berasa pahit

Banyak orang mengira, makin pahit rasa kopi, makin banyak kandungan kafeinnya. Tidak, sebab kafein bukanlah komponen yang rasanya pahit.

Kopi yang bagus tergantung pada pembakaran dan peracikannya

Jika ingin kopi bercitarasa nikmat, maka yang paling menentukan adalah proses pembakaran dan racikannya. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya. Munculnya kandungan kafein tergantung pada lamanya air berada di bagian dasar. Pembakaran yang makin lama juga menghasilkan kafein makin banyak.

Kopi ditemukan oleh kambing

Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekawanan kambing terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Sang penggembala memeriksa kenapa itu terjadi dan menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi. Sejak itu manusia mulai ikutan minum kopi. (Didie) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.