Sarapan Bubur Kacang Hijau Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Oleh : Milla Kurniaputri

0
140

Selain mengurangi asupan garam, penderita hipertensi perlu mengonsumsi kacang hijau karena nutrisi dalam kacang ini mampu turunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa memicu munculnya beragam penyakit serius seperti jantung koroner hingga stroke. Tekanan darah yang tinggi menyebabkan pembuluh darah melebar dan bisa berakibat rusak hingga pecahnya pembuluh darah.

Karenanya, mereka yang menderita tekanan darah tinggi harus menjaga asupan makanan agar tidak berisiko terhadap tekanan darah. Dilansir dari Express (1/8), penderita tekanan darah tinggi bisa mengonsumsi kacang hijau.

Kandungan protein yang tinggi pada kacang ini bisa jadi pengganti protein telur yang lebih sehat. Kacang hijau mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang bermanfaat dalam kadar tinggi dan terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang signifikan dalam tekanan darah tinggi.

Setiap 100 g kacang hijau mentah mengandung 347 kalori, 1.2 g lemak, 15 mg sodium, 63 g karbohidrat, 24 g protein. Juga mengandung vitamin A, C, kalsium dan zat besi. Kacang hijau bisa diolah menjadi bubur, sup atau dibuat jadi kecambah atau tauge.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human and Experimental Toxicology, para ilmuwan menemukan bahwa kacang hijau sangat efektif dalam menghambat oksidasi LDL karena sifatnya yang berpotensi sebagai radikal bebas. Bahkan analisis dari delapan studi lainnya juga menunjukkan bahwa dengan konsumsi kacang hijau akan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa.

Kemudian penelitian pada hewan menunjukkan protein kacang hijau dapat menekan enzim yang secara alami meningkatkan tekanan darah. Bukan hanya itu, dalam studi lain, tikus hipersensitif yang diberi ekstrak kecambah kacang hijau selama satu bulan, mengalami penurunan signifikan dalam tekanan darah sistolik.

Efek kacang hijau pada tekanan darah mungkin terkait dengan konsentrasi tinggi dari fragmen protein kacang hijau yang dikenal sebagai peptida. Zat ini bertindak untuk mengurangi aktivitas enzim pengonversi angiotensin yang mampu menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi dapat dicegah atau dikurangi dengan makan secara sehat, menjaga berat badan, berolahraga teratur, dan tidak merokok. Anda juga perlu mengurangi garam. Pastikan untuk makan buah-buahan dan sayuran dan aktif bergerak.

Jika ingin mengonsumsi bubur kacang hijau untuk sarapan sebaiknya pilih kacang hijau yang bagus. Rendam beberapa jam hingga sedikit mengembang. lalu rebus dengan air secukupnya hingga merkar dan menjadi lembut. Sebagai pemansi bisa ditambahkan sedikit gula merah. Bubur ini bis juga diberi sedikit santan dan paling enak disantap hangat di pagi hari.
Sumber:detikfood

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.