Inilah 6 Kode Di Plastik Dan Bahayanya Bagi Kesehatan

0
1886
Botol bekas

Ditulis ulang oleh: Agung Saepul

Beritalangitan.com – Pembaca setia beritalangitan.com, Plastik sudah akrab kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Baik digunakan untuk pembuatan mainan anak, lemari, bahkan untuk wadah makanan serta minuman. Plastik digemari sebagai wadah makanan dan minuman karena plastik berpori-pori sangat kecil sehingga tidak mudah bocor. Selain itu, wadah plastik juga tidak mudah rusak dan mudah dibersihkan.

Pemakaian plastik dalam keseharian kita harus diperhatikan pula dampaknya bagi kesehatan kita. Plastik sebenarnya terdiri dari senyawa polimer yang tidak larut dalam makanan atau minuman. Namun menjadi berbahaya jika polimer ini terurai menjadi monomer dalam proses pemanasan atau pencucian wadah plastik tersebut. Polimer yang meleleh akan menghasilkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Cara Memilih Plastik yang Aman untuk Kesehatan.

Perhatikanlah kode angka yang biasanya tertera pada bagian bawah wadah plastik. Biasanya akan terdapat bentuk segitiga logo daur ulang dengan angka yang tertera pada bagian dalam segitiga tersebut. Berbeda angka, maka berbeda pula jenis plastik yang digunakan. Produk plastik yang beredar di pasaran biasanya terdiri dari 7 kategori plastik, setiap kategorinya memiliki anjuran penggunaan yang khusus sendiri-sendiri. Karena setiap kategorinya memiliki bahan dan materi sendiri-sendiri yang dikhususkan untuk sebuah penggunaan dan tidak dianjurkan untuk penggunaan lainnya. Berikut ini adalah kode plastik dan menurut anjuran penggunaan-penggunaannya masing-masing.

Plastik dengan Kode Angka 1

Plastik dengan kode angka 1 biasa digunakan untuk botol plastik yang transparan seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. Botol jenis ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai.

226

Tidak direkomendasikan untuk pemakaian berulang, karena dapat mengakibatkan bahaya kesehatan. Botol plastik yang menggunakan simbol ini bisa didaur ulang untuk kemudiannya bermanfaat kembali setelah prosesnya.

Plastik dengan Kode Angka 2

Plastik dengan kode angka 2 biasa digunakan untuk botol berwarna putih susu.Plastik jenis ini aman digunakan. Namun sama seperti plastik kategori kode angka 1, penggunaan plastik kategori ini direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.Hal tersebut dikarenakan terdapat proses pelepasan senyawa yang membahayakan kesehatan terus-terusan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Plastik jenis ini pun dapat didaur ulang.

Plastik dengan Kode Angka 3

Plastik dengan kode angka 3 merupakan jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Plastik jenis ini mengandung senyawa yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemasnya saat bersentuhan langsung dengan makanan tersebut. Biasanya umum digunakan di mainan anak-anak, pipa PVC, mebel plastik, kemasan produk pemeliharaan rumah tangga seperti deterjen, pewangi makanan, dan kemasan botol yang bukan makanan dan minuman lainnya. Meskipun sulit untuk di daur ulang, bukan berarti tidak bisa. Namun dikenal plastik yang paling sulit didaur ulang.

Plastik dengan Kode Angka 4

Plastik dengan kode angka 4 biasa digunakan untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lunak. Plastik ini dapat dipakai ulang karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemasnya. Jadi jenis plastik ini dikenal yang aman untuk penggunaan kemasan makanan dan minuman.Terkadang digunakan untuk kemasan obat dan suplemen juga.

Plastik dengan Kode Angka 5

Plastik dengan kode angka 5 merupakan pilihan terbaik untuk wadah makanan atau minuman. Plastik jenis ini lebih kuat, ringan, daya tembus uap rendah, tahan terhadap lemak, dan stabil terhadap suhu tinggi. Meskipun kategori 5 dapat digunakan untuk makanan, namun kategori angka 5 ini dikenal lebih umum untuk penggunaan kemasan makanan dan minuman. Kategori plastik ini masih dapat di daur ulang namun setelah beberapa serangkaian proses penguraian.

Plastik dengan Kode Angka 6

Plastik dengan kode angka 6 biasa dipakai untuk :

– Tempat makan Styrofoam

– Tempat minum sekali pakai,

– Wadah plastik

– Mainan

– Kaset dan video, dan lain-lain.

Bahan ini harus dibatasi karena berbahaya untuk kesehatan, diantaranya untuk :

– Kesehatan otak

– Menganggu hormon reproduksi pada perempuan

– Mengganggu sistem saraf.

Plastik dengan Kode Angka 7

Plastik dengan kode angka 7 biasanya terdapat pada botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, dan alat elektonik. Dianjurkan untuk tidak digunakan untuk bahan makanan atau minuman karena dapat menguraikan zat berbahaya jika suhunya dinaikkan karena pemanasan. Semoga bermanfaat.

Kontributor beritalangitan.com Makassar

Sumber: klikdokter.com/tribun-timur.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.