Aktor beragama Sikh dilarang terbang karena pakai turban

0
681
Waris Ahluwalia turut membintangi film The Grand Budapest Hotel.

Beritalangitan.com – Aktor bernama Waris Ahluwalia itu mengaku insiden tersebut terjadi dalam pemeriksaan keamanan sebelum penerbangan dari Mexico City menuju New York.

Dia mengatakan telah mematuhi langkah pemeriksaan tambahan, namun menolak saat diperintahkan aparat untuk mencopot turban.

“Itu bukan sesuatu yang saya lakukan di depan publik. Sebab itu sama saja menyuruh seseorang untuk membuka baju,” kata Ahluwalia, yang pernah tampil dalam film The Grand Budapest Hotel.

Pria warga Amerika Serikat keturunan India tersebut menambahkan dirinya tak akan mencopot turban tanpa terlebih dulu masuk ke dalam ruangan tertutup. Namun, akibat keputusannya, dia diberitahu bahwa dirinya harus naik pesawat lain.

“Saya gemetar. Itu bukan hal baik ketika Anda diberitahu bahwa Anda tidak boleh naik pesawat karena sesuatu yang Anda kenakan atau karena kepercayaan Agama Anda,” ujar Ahluwalia kepada New York Daily News.

Ahluwalia mengunggah foto tiketnya ke Instagram.

Untuk membuktikan pengakuannya, Ahluwalia mengunggah foto tiketnya ke jejaring Instagram. Tiket tersebut tampak dicap ‘SSSS’, sebuah singkatan untuk pilihan pemeriksaan keamanan kedua. Langkah itu diambil pihak bandara yang memilih penumpang untuk melakukan pemeriksaan keamanan tambahan. Pilihan itu diklaim dilakukan secara acak.

Secara terpisah, pihak maskapai Aeromexico menyatakan bahwa pemeriksaan keamanan terhadap Ahluwalia dilakoni sebelum penumpang naik pesawat, sesuai dengan peraturan yang diterapkan badan keamanan transportasi AS.

“Kami telah menawarkan penumpang tersebut beberapa alternatif untuk mencapai tujuannya secepat mungkin,” sebut pernyataan Aeromexico. (jm)

Sumber: bbc.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.