AS Tuduh Iran Lakukan Cyber War Terhadap Puluhan Bank

0
657
AS Tuduh Iran Lakukan Cyber War Terhadap Puluhan Bank

Beritalangitan.com – Pemerintah As mendakwa beberapa hacker Iran melakukan kampanye serangan cyber terhadap puluhan bank Amerika dan bendungan di negara bagian New York pada 2011-2013, AFP melaporkan.

Departemen Kehakiman AS pada Kamis kemarin (24/3/2016) mengumumkan dakwaan terhadap tujuh hacker Iran, yang diajukan di pengadilan federal di New York City.

Dakwaan menggambarkan para tersangka sebagai hacker komputer yang tinggal di Iran dan mungkin telah bekerja atas nama pemerintah Iran.

Langkah ini menandai pertama kalinya pemerintah AS mendakwa individu terikat pemerintah asing dengan tuduhan mencoba mengganggu infrastruktur kritis.

Para hacker dituduh melakukan konspirasi untuk melakukan sabotase komputer pada saat mereka dipekerjakan oleh dua perusahaan komputer swasta berbasis di Iran.

Pada konferensi pers mengumumkan dakwaan, Jaksa Agung AS Loretta Lynch, kepala Departemen Kehakiman, mengatakan para hacker dituduh menyebabkan puluhan juta dolar hilang akibat serangan mereka kepada bank-bank AS.

“Serangan-serangan ini tanpa henti, mereka sistematis, dan mereka tersebar luas,” kata Lynch.

Setidaknya 46 lembaga keuangan besar dan perusahaan sektor keuangan menjadi target, termasuk JPMorgan Chase, Wells Fargo dan American Express, menurut dakwaan itu.

AT & T, penyedia terbesar kedua telepon seluler dan penyedia terbesar telepon tetap di Amerika Serikat, juga menjadi target, dakwaan tersebut mengatakan. [die/fq/islampos]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.