Gempa 6,6 SR Guncang Seluruh Kawasan Asia Selatan

0
689
Gempa di wilayah Afghanistan. (dok.earthquake.usgs.gov).

Beritalangitan.com – Gempa bumi berkekuatan 6,6 pada Skala Richter melanda wilayah Asia Selatan, Minggu (10/4). Berdasarkan saksi mata dan lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berkekuatan besar itu mengguncang bangunan-bangunan di Pakistan, Afghanistan, dan India. Namun sejauh ini belum diketahui mengenai kerusakan atau jatuhnya korban jiwa dari peristiwa itu.

USGS melaporkan gempa berpusat sekitar 40 kilometer (25 mil) sebelah barat Ashkasham, wilayah terpencil di timur laut Afghanistan. Seperti dilansir Reuters, pusat gempa itu dekat dengan perbatasan Tajikistan dan hanya beberapa jengkal lahan dari Provinsi Chitral di barat daya Pakistan. Gempa tersebut berkedalaman 210 kilometer (130 mil).

Gempa yang mengguncang sejumlah bangunan selama beberapa menit di dua wilayah ibu kota berbeda itu memaksa warga meninggalkan rumah di Kabul dan Islamabad. Begitupun warga yang berada di wilayah utara dan tengah Pakistan. Gempa juga dirasakan oleh masyarakat di Kota Lahore, Pakistan, yang berjarak 630 kilometer dari episentrum gempa.

“Guncangan sangat kuat tapi belum terlihat adanya kerusakan parah akibat gempa,” kata seorang saksi mata di Provinsi Chitral.

Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Nasional Afghanistan Omar Mohammadi mengatakan petugas dari tim penyelamat masih mencari informasi dan belum ada laporan soal korban jiwa dan kerusakan sampai saat ini.

Sebelumnya pada 26 Oktober 2015, gempa berkekuatan lebih besar yaitu 7,5 pada Skala Richter mengguncang kawasan tersebut. Gempa ini menewaskan sedikitnya 300 orang dan ribuan rumah penduduk hancur.

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.