Ini Cara Muslim Inggris Lawan Islamophobia

0
690

LONDON, 1/2 (Beritalangitan.com) – Komunitas Muslim di Inggris memiliki cara yang bilang terbilang baru untuk melawan Islamophobia, dan menghapus sterortip negatif terhadap Islam. Bukan melakukan ceramah, atau penggalangan dana, melainkan mereka membuat sebuah program yang diberinama “visit my mosque”.

Program yang diinisiasi Dewan Muslim Inggris (MCB) diikuti oleh setidaknya 80 masjid di Negeri Tiga Singa tersebut. Program ini rencananya akan digelar pada tanggal 7 Februari mendatang, dan jug akan digelar di Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

“Ini kesempatan bagi Muslim di Inggris untuk menempatkan diri di luar sana dan menjangkau tetangga lokal mereka,” kata pihak MCB, seperti dilansir Sindonews dari Al-Jazeera pada Minggu (31/1).

“Hal ini akan memungkinkan bagi orang-orang untuk bertemu, bertatap muka, saling mengenal satu sama lain dan mengatasi kesalahpahaman,” sambungnya.

Menurut MCB, setiap orang yang akan mengunjungi masjid akan ditemani oleh seorang relawan, dimana relawan itu bertugas untuk menjelaskan sejarah masjid dan Islam. Selain itu, para pengunjung juga bebas mengajukan pertanyaan apapun kepada relawan yang bertugas.

Selain itu, untuk menumbuhkan kedekatan, para pengunjung juga akan diajak untuk minum teh dan makanan ringan bersama dengan relawan dan orang-orang yang menjalankan tempat ibadah.

Abdul Majid, kepala pengurus masjid di Camberley berharap program ini akan memberikan dampak yang positif, bukan hanya bagi komunitas Muslim di Inggris, tapi juga untuk semua orang.

“Kami berharap tujuan dari hal ini adalah kami dapat membawa orang dari agama yang berbeda, bahkan dari orang yang tidak agama, untuk lebih memahami kami, dan kami akan lebih terintegrasi dengan semua orang,” ucapnya Majid. (zb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.