Israel Tangkap Jurnalis Palestina

0
686

Palestina, 04/05 (beritalangitan.com) – Tentara Israel telah memenjarakan seorang wartawan Palestina selama empat bulan tanpa pengadilan. Jurnalis bernama Omar Nazzal itu dituding melanggar hukum karena terkait dengan Front Popular untuk Organisasi Kemerdekaan Palestina yang merupakan faksi kecil PLO.

Pengacara Nazzal, Mahmoud Hassan, mengatakan kliennya yang merupakan ketua persatuan wartawan Palestina telah lama menjadi target terkait dengan aktivitas politiknya. Menurut dia, proses penahanan kliennya tak disertai bukti.

Nazzal, 53, telah ditahan sejak bulan lalu ketika dia menyeberangi Tepi Barat menuju Yordania untuk menghadiri pertemuan dengan Federasi Wartawan Eropa. Nazzal pernah bekerja selama lima bulan di Palestine Today, sebuah stasiun televisi yang berafiliasi dengan kelompok jihad militan.

“Penangkapannya bersifat politis,” kata Hassan yang yakin kliennya tak terlibat kekerasan. Mengutip data dari Layanan Penjara Israel, lembaga pemerhati hak asasi manusia B’Tselem menyatakan, hingga akhir Februari lalu pihak Isreal telah menangkap sebanyak 627 warga Palestina.

Para pengkritik mengatakan pemerintah Israel terlampau keras dalam menangani pelaku kekerasan yang berasal dari Palestina. Jumlah tahanan itu bahkan dua kali lipat lebih besar sejak konflik kedua negara itu kembali memanas pada September 2015 lalu.

Warga Palestina kerap menyerang warga Israel, termasuk dengan bom mobil yang menewaskan 28 warga Israel dan dua warga Amerika Serikat beberapa bulan lalu. Begitu pun sebaliknya, tentara Isreal telah membunuh sekitar 200 warga Palestina. Para pengkritik mengatakan Israel terlalu berlebihan menerapkan pendekatan keamanan.

Sebagai contoh, insiden yang terjadi akhir pekan lalu ketika tentara Israel menembak mati seorang perempuan Palestina berusia 24 tahun bernama Maram Taha dan adiknya yang berusia 16 tahun, Ibrahim. Pihak Israel menuduh perempuan itu melemparkan pisau ke arah polisi. Anehnya, tak ada bukti yang menunjukkan hal itu. Pisau baru ditemukan di dekat tubuh kakak beradik itu beberapa saat setelah penembakan. (st)

 

Sumber : mediaindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.