Pemilihan Presiden Sementara Taiwan Dimenangkan oleh Wanita

0
1331
Tsai Ing-wen.

Taiwan, 17/1 (Beritalangitan.com) – Taiwan mengumumkan hasil sementara pemenang pemilihan presiden negaranya yang dimenangkan oleh kandidat oposisi Partai Demokratik Progresif.

Dilansir World Bulletin, Hasil tidak resmi dilaporkan oleh Badan Pusat Berita Negara (CNA) pada hari Sabtu (16/1/2016). Badan itu menyarankan Ketua DPP Tsai Ing-wen yang mengklaim kemenangan dengan perkiraan 58 persen, yang berarti dia menjadi pemimpin wanita pertama di wilayah itu.

Calon presiden untuk Kuomintang (KMT), partai yang berkuasa telah mengakui kekalahan dan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua KMT.

“Saya minta maaf telah mengecewakan. Kami gagal. Kami tidak bekerja cukup baik,” ujar salah satu media negara, setelah hasil pemilihan dikutip calon KMT Eric Chu.

Demisioner Premier Mao Chi-kuo juga mengajukan pengunduran dirinya sebagai calon kandidat pada hari Sabtu malam.

Mao mengatakan bahwa pengunduran dirinya didorong oleh fakta Taiwan yang menghadapi krisis ekonomi internasional. Selain itu, dia tidak bisa menunggu untuk pelantikan presiden baru pada tanggal 20 Mei sebelum menangani masalah tersebut. (jm/islampos)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.