Ribuan Muslimah Bosnia Protes Larangan Jilbab di Peradilan

0
1349

Bosnia, 8/2 (Beritalangitan.com) – HAMPIR 2.000 perempuan di Bosnia turun ke jalan-jalan ibukota memprotes larangan mengenakan jilbab di lembaga peradilan negara, lapor Islampos.

Demonstrasi, diadakan pada hari Ahad kemarin (7/2/2016) di ibukota Sarajevo, dipicu setelah adanya keputusan terbaru dari dewan peradilan tinggi Bosnia yang melarang “simbol-simbol agama” di lembaga peradilan.

Para pengunjuk rasa, berpawai selama berjam-jam melalui jalanan ibukota, membentangkan spanduk bertuliskan “Hijab adalah Pilihan Harian Saya,” “Hijab adalah Hak Saya” dan “Hijab adalah Kehidupan Saya.”

“Kami berkumpul untuk memprotes prasangka, diskriminasi dan marjinalisasi,” kata Samira Zunic Velagic, penyelenggara aksi.

“Larangan mengenakan jilbab di lembaga peradilan adalah serangan serius terhadap kehormatan, kepribadian dan identitas Muslimah. Dan langkah itu merupakan pelanggaran yang bertujuan merampas hak mereka untuk bekerja,” tambahnya.

“Kami datang ke sini untuk mengatakan bahwa kami bukan korban jilbab ini. Kami datang untuk membela hak-hak kami. Ini adalah mahkota kami, kebebasan serta kehormatan kami,” kata salah seorang pengunjuk rasa. (zb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.