Sering Diblokir, ISIS Bikin Aplikasi Chatting Sendiri

0
1311

Jakarta, 15/1 (beritalangitan.com) – Diblokir oleh sejumlah media sosial dan aplikasi pesan malah membuat kelompok ISIS panjang pikiran. Mereka dikabarkan membuat jalur komunikasi sendiri.

Berdasarkan laporan Ghost Security Group (GhostSec), ISIS membuat aplikasi pesan di paltfrom Android. Mereka memberi nama aplikasinya itu ‘Alwari’.

Saat ini, Alwari tidak tersedia di Google Play Store. Pengguna hanya bisa mendapatkan aplikasi tersebut lewat forum tersembunyi.

Diberitakan Detik yang dilansir dari The Next Web, Jumat (15/1/2016), lembaga pengawas keamanan mendapati Alwari memiliki sistem enkripsi komunikasi. Sistem ini mirip yang digunakan oleh aplikasi Telegram atau sejenisnya. Hanya saja memang kemampuannya belum terlalu sempurna.

Walau demikian, hal tersebut akan menjadi ancaman serius. Sebab bila anggota ISIS mengetahui bagaimana cara membuat aplikasinya itu lebih sempurna. Segala gerak-gerik mereka tidak akan diketahui oleh siapapun.

Kekhawatiran ini sempat dilontarkan politisi Amerika Serikat. Ia berpendapat sebaiknya tidak membatasi kegiatan ISIS di media sosial. Soalnya, dengan cara tersebut pihak keamanan dapat memantau aktivitas kelompok radikal tersebut.

Seperti diketahui sejak terjadinya serangan di Paris pada pada November 2015, sejumlah media sosial dan aplikasi pesan memblokir aktivitas ISIS, salah satunya adalah Telegram. Aplikasi pesan itu mengklaim telah memblokir 78 kanal komunikasi ISIS. (jm/afr/ash)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.