Terkait Suriah, Arab Saudi Ingin Jalankan ‘Rencana B’

0
777
Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi, Adel al-Jubeir.

Wina, Beritalangitan.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi, Adel al-Jubeir, ketika berada di Wina, Austria pada Selasa 17 Mei 2016 mengatakan, Saudi sudah saatnya menjalankan ‘rencana B’ terkait proses damai di Suriah.

Dilaporkan, Jubeir mengatakan hal tersebut ketika ia berada di Wina usai menghadiri pertemuan yang diadakan oleh International Syria Support Group (ISSG).

“Sudah jelas bahwa Bashar al-Assad memiliki dua pilihan antara ia disingkirkan melalui proses politik atau ia disingkirkan menggunakan cara kasar (militer),” ujar al-Jubeir, sebagaimana dilansir Okezone dari Russia Today, Rabu (18/5/2016).

Karena nasib Presiden Suriah, Bashar al-Assad hingga saat ini masih belum jelas akibat beberapa pihak di ISSG yang saling bersilang pendapat. Pertemuan yang dipimpin oleh Rusia dan Amerika Serikat (AS) tersebut bisa dikatakan terbagi oleh dua kubu.

Kubu AS dengan aliansi Arab Saudi menginginkan Assad dilengserkan sedangkan kubu Rusia tetap ingin mempertahankan Assad sebagai Presiden Suriah.

“Kami percaya kita seharusnya sudah menjalankan ‘rencana B’ (menggulingkan Assad menggunakan cara kasar) sejak lama. Jika mereka (Pemerintah Suriah) tidak memberikan respons atas permohonan dari komunitas internasional. Maka kita akan lihat cara lain apa yang dapat dilakukan,” tambah Jubeir. (zb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.