10 Kisah Termahsyur Assabiqunal Awwalun – bag 4

1
150

Oleh: Abu Rumi

Tulisan sebelumnya…

Ali bin Abi Tholib. Khalifah keempat setelah Utsman dan juga menantu Rasulullah, menikah dengan Fatimah az-Zahra.

Dari Sa’ad bin Abi Waqqash ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Tidakkah engkau rela mendapatkan kedudukan di sisiku seperti kedudukan Harun di sisi Musa, hanya saja tidak ada nabi setelahku ?” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari no. 4416 dan Muslim no. 2404).

Menyambung dari kisah kepergian Rasulullah Muhammad SAW bersama Abu Bakar ash Shiddiq ke Gua Tsur untuk berlindung dari kejaran ancaman pembunuhan orang Kafir Quraisy, diriwayatkan pada suatu malam orang-orang kafir Quraisy telah mengepung kediaman Rasulullah. Namun mereka masih menunggu perintah dari sang pimpinan Quraisy pada saat itu Abu Jahal. Sementara itu diwaktu yang bersamaan, Ali bin Abi Tholib mendapat wasiat dari Baginda Nabi untuk menggunakan selimut yang biasa digunakan oleh Beliau untuk bersitirahat. Selang beberapa waktu, Allah memberikan mukjizat dengan membuat para orang kafir Quraisy yang sedang berjaga-jaga diluar menjadi tertidur pulas sehingga memuluskan niat Rasulullah berserta Abu Bakar untuk melenggang pergi dari kepungan tersebut, dan hanya meninggalkan Ali bin Abi Tholib di dalamnya.

Keesokan paginya, Abu Jahal memerintahkan pasukan Quraisy untuk masuk dan mendapati seseorang tertidur di ranjang yang biasa digunakan Rasulullah untuk beristirahat. Dibangunkannya orang tersebut dengan teriakkan Abu Jahal, “Hai Muhammad! Bangunlah kami datang untuk membunuhmu.” Ali kemudian membuka selimutnya dan membuat Abu Jahal terkaget-kaget kenapa bukan Baginda Nabi yang berada disana.

Hal tersebut membuktikan kecintaanya kepada Rasulullah Muhammad SAW, meskipun nyawa adalah taruhannya asalkan Allah ridho terhadapnya. Sehingga tidaklah pantas bagi kita untuk masih meragukan seberapa dekat den seberapa mulianya para sahabat di sisi Allah dan Rasulnya. Dan sangatlah pantas mereka menjadi Penghuni Surga tanpa hisab.

Bersambung…

Sumber :
Channel Youtube Khalid Basalamah Official
Channel Youtube Inspira Studio
Tautan Kisahmuslim.com

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.