Berat Bayar Zakat, Tanda Akhir Zaman

0
883
MEMBAYAR zakat bagi setiap Muslim hukumnya wajib. Sebab, di balik harta yang kita miliki sebagiannya terdapat hak milik orang lain.

Beritalangitan.com – Membayar zakat bagi setiap Muslim hukumnya wajib. Sebab, di balik harta yang kita miliki sebagiannya terdapat hak milik orang lain. Sehingga, kita wajib untuk menunaikannya.

Apa yang kita berikan bagi orang-orang yang membutuhkan, sama sekali tidak akan membuat harta kita habis. Biasanya, zakat dilakukan setahun sekali. Jumlah yang dikeluarkan pun tidak begitu besar. Tentu, tidak akan membuat kita terasa begitu berat bukan? bahkan, alangkah lebih baik jika kita bisa memberi lebih pada orang lain.

Zakat dapat mensucikan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Inilah yang menyebabkan banyak orang mudah untuk membayar zakat harta, zakat emas atau zakat lainnya. Zakat bukanlah pajak atau pun tanggungan yang harus dibayar.

Ternyata, mudahnya membayar, tidak terjadi di akhir zaman. Pada akhir zaman, sikap pelit dan kikir akan menyebar luas. Sehingga, nanti ketika membayar zakatnya, orang-orang kaya menganggap zakat sebagai tanggungan atau utang yang mau tak mau harus dilunasi. Mereka pun akhirnya membayar zakat dengan terpaksa.

Nah, zakat seperti inilah yang tak berpahala. Mengapa? Sebab, zakat yang dikeluarkan tidak dilandasi oleh niat yang baik dan tulus. [Rwnd]

Referensi: Kiamat Sudah Dekat?/Karya: Dr. Muhammad Al-‘Areifi/Penerbit: Qisthi Press

Sumber : Islampos

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.