Inilah Ciri Manusia yang Jadi Bahan Bakar Api Neraka

0
1089
Ilustrasi - neraka

Beritalangitan.com – Masuk neraka adalah hal paling menakutkan bagi seorang Muslim. Herannya, meski menakutkan, tak sedikit dari kita yang tetap melakukan hal-hal yang dilarang Allah Swt. Bisa jadi, karena neraka masih berupa ‘bayangan’ yang tidak real, hingga sulit istiqamah menjalankan syariat Islam sebagai syarat mutlak masuk surga.

….Maka takutlah kalian kepada neraka yang bahan bakarnya terdiri dari manusia dan bebatuan….” (QS. Al-Baqarah: 24)

Melihat penggalan ayat di atas, kita sebagai Muslim dan Muslimah sejatinya  merenung. Apakah kita termasuk dalam golongan manusia yang menjadi bahan bakar api neraka? Seperti apa ciri-ciri manusia tersebut?

Dalam berbagai tafsir, disebutkan bahwa manusia yang menjadi bahan bakar neraka adalah mereka yang berdusta dan ingkar. Pendusta adalah orang yang mencoba memalsukan ayat-ayat qur’an. Di masa kini, selain diartikan secara harfiah sebagai pemalsu ayat, bisa juga dialamatkan pada mereka yang menggunakan ayat qur’an untuk tujuan selain dakwah Islam dan memelintir ayat qur’an demi kepentingan kelompok mereka.

Adapun manusia ingkar yang menjadi bahan bakar di neraka adalah orang yang mengingkari ajaran Islam dan orang kafir. Mereka yang mengaku Mukmin dan Muslim, tapi tetap mengerjakan maksiat. Menikmati uang haram, berghibah, men-support penyuka sesama jenis, serta kemungkaran lain.

Apakah kita termasuk dalam golongan pendusta dan ingkar? Na’udzubillah.  (St/Fathina Rasyed)

Sumber: muslimah.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.