Jika Bersabar Jaminannya Surga

Oleh : Umi Ana, Ponpes Babussalam Dago Bandung

0
338

Ada sebuah hadits rasul :
Dari Atha bin Abu rabah.ra, berkata kepadaku, maukah aku tunjukan kepadamu wanita penduduk jannah..?
aku menjawab, iya.”kemudian ia berkata, Dia adalah wanita datang kepada nabi seraya berkata, “Ya rasulullah aku memiliki penyakit ayan dan auratku suka tersingkap karenanya, maka berdoalah kepada Allah untukku (untuk sembuh).” rasulullah bersabda, ” jika engkau bersabar maka bagimu jannah. Namun jika engkau mau maka aku akan berdoa kepada Allah agar berkenan menyembuhkanmu. Lalu wanita itu berkata, ” kalau begitu aku akan bersabar saja.”

tak lama wanita itu berkata, ” tapi auratku suka tersingkap (apabila ayan terjadi ) maka berdoalah untuku agar auratku tidak tersingkap.” kemudian rasulullah berdoa untuknya. (HR. Al -Bukhori-muslim)

Hadits ini mengingatkan kita pentingnya berbaik sangka kepada Allah akan peristiwa yg terjadi, dan tetap sabar untuk orang orang yang sakit paten, yaitu penyakit bawaan lahir mungkin yg tidak ada obatnya atau sulit disembuhkan, seperti tuna netra, tuna rungu, tuna daksa dan penyakit epilepsi seperti hadits tersebut.

Ketika rasulullah memintanya untuk memilih antara “kesembuhan dan kesabaran”, ia lebih memilih untuk bersabar karena “lebih” mengharap balasan surga daripada mengharapkan kesembuhan dunia.

Hadits ini mengajarkan kita akan pentingnya sabar dalam ujian dan cobaan seraya mengharap surga jannatunnaim dan terus beribadah Kepada-Nya.

Salam sehat…..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.