Jumat Barakah, Hari Mulia Bagi Umat Islam

0
901
Ilustrasi

Beritalangitan.com – Jum’ah mubarak…demikian ucapan yang sering muncul dalam kalimat motivasi untuk Muslim dan Muslimah agar memanfaatkan hari Jumat untuk memperbanyak amal saleh. Karena itulah umat Islam seharusnya memperbanyak bacaan doa dan salawat, sedekah, membaca qur’an, dan ibadah sunnah lainnya.

Di antara hadis yang menjelaskan keutamaan hari Jumat adalah: “Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itulah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga, dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan Hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim)

Apalagi yang membuat Jumat menjadi hari penuh berkah bagi kaum Muslimin?

  • Doa dikabulkan.

Meski ada perbedaan, ada dua pendapat yang kuat tentang waktu doa mustajab di Hari Jumat. Pendapat pertama, sejak imam duduk hingga salat Jumat selesai dan pendapat kedua, hingga setelah ashar.

  • Diampuni dosa bagi yang menjalankan ibadah.

Terutama bagi mereka yang menunaikan kewajiban salat Jumat secara sempurna. Dikatakan, dosa mereka akan diampuni hingga Jumat berikutnya. Ada pula hadis menyatakan hingga Jumat berikutnya dan tiga hari setelahnya.

  • Berkumpulnya umat Islam.

Pada hari Jumat, umat Islam berbondong-bondong ke masjid untuk mendengarkan khutbah Jumat. Karena itulah hari ini menjadi penting bagi pembinaan persatuan umat, sosialisasi strategi peningkatan iman dan takwa, muamalah di dunia, serta dakwah lainnya.

  • Hari besar umat Islam.

Allah Swt. menunjukkan bahwa hari Jumat adalah hari umat Islam. Sebelumnya, umat Yahudi memiliki hari Sabtu dan umat Nasrani memiliki hari Ahad.

Nah, Muslimah…mari jadikan Jumat sebagai hari terbaik kita.   Khaira Kimela / St

Sumber : muslimah.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.