Terjemah dan Kandungan Surat Yunus Ayat 40-41

0
25479
Illustrasi membaca al-Qur'an (Foto: iStock)

Beritalangitan.com – Allah Subhanahu WaTa’ala telah menjelaskan di dalam Al Qur’an Surat Yunus ayat 40 – 41 tentang adanya orang yang beriman dan tidak beriman di muka bumi ini. Dan Ada juga orang yang suka berbuat kerusakan dan tidak suka membuat kerusakan.

Dikutip dari Buku “Al Qur’an Hadits” Kemenag RI tahun 2015 lewat portal Detik, berikut isi kandungan Surat Yunus Ayat 40:

وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ

Arab-Latin : wa min-hum may yuminu bihī wa min-hum mal lā yuminu bih, wa rabbuka a’lamu bil-mufsidīn

Artinya : “Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur’an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Yunus : 40)

Surat Yunus ayat 40 ini menjelaskan bahwa terdapat dua golongan, yakni golongan yang beriman kepadaNya dan golongan orang yang tidak beriman kepadaNya. Allah lebih mengetahui orang-orang yang membuat kerusakan dan orang-orang yang tidak berbuat kerusakan. Orang yang tidak melakukan kerusakan adalah orang-orang yang menaati peraturan Allah Subhanahu WaTa’ala, sedangkan orang-orang yang melakukan kerusakan adalah orang-orang yang tidak menaati peraturan Allah Subhanahu WaTa’aladan bahkan menzalimi Al Quran.

Ada pun lanjutannya Ayat 41:

وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ

Arab-Latin : wa ing każżabụka fa qul lī ‘amalī wa lakum ‘amalukum, antum barīụna mimmā a'malu wa ana barīum mimmā ta’malụn

Artinya : ” Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan”.(QS. Yunus : 41).

Allah Subhanahu WaTa’ala memerintahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam agar tegar menghadapi orang-orang yang ingkar akan ajaran yang dibawanya. Rasulullah diperintahkan untuk menyatakan bahwa beliau tidak bertanggung jawab atas perbuatan mereka, dan merekapun tidak bertanggungjawab terhadap perbuatan beliau. Dengan kata lain “Bagiku pekerjaanku, bagimu pekerjaanmu”. Segala perbuatan sekecil apapun pasti ada balasannya. Amal baik akan mendapatkan balasan yang baik, sebaliknya amal buruk akan mendapatkan keburukan pula.

Allah Subhanahu WaTa’ala Maha Tahu apa yang manusia perbuat, dan semua perbuatan akan mendapatkan ganjarannya. Demikianlah isi yang terkandung dalam surat Yunus Ayat 40-41. Semoga bermanfaat.

(ad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.