Kongres HMI Dapat Bantuan Dana Rp 3 Miliar dari Pemprov Riau

0
722

Beritalangitan.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) akan menyelenggarakan kongres di Pekanbaru. Pemprov Riau memberikan bantuan dana hibah Rp 3 miliar.

“Terima kasih banyak kepada Pemprov Riau yang sudah memberikan dana bantuan sebesar Rp 3 miliar. Terima kasih kepada DPRD Riau dan seluruh masyarakat Riau,” kata Ketua Panitia Kongres HMI Fat Haryanto Lisda dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (19/11/2015).

Haryanto menjelaskan, bahwa dana yang dibutuhkan dalam kongres mencapai Rp 7 miliar. Kekurangan dana setelah dibantu Pemprov Riau 3 miliar, mendapat sokongan dana dari alumni HMI dan pihak swasta.

“Bantuan Rp 4 miliar lagi dari alumni dan pihak swasta yang sifatnya tidak mengingkat. Dana bantuan dari Pemprov Riau jika dilihat multi efeknya kan kembali juga ke masyarakat Riau. Misalnya mulai soal penginapan, transportasi sampai urusan pulsa,” kata Haryanto.

Haryanto menjelaskan, bantuan dari Pemprov Riau tidak akan mengganggu independen HMI. Pihaknya akan tetap kritis untuk mengawal jalannya pemerintahan.

“Saya kira tidak ada hubungan antara bantuan dengan sikap independen kita. Pak Jusuf Kalla itu kader HMI, tapi kita tetap kritis saat pemerintah menaikan harga BBM,” kata Haryanto.

Haryanto menjelaskan, pelaksanaan Kongres HMI akan berlangsung 22 hingga 26 November 2015 di Hotel Labersa. Akan ada 1.200 pengurus HMI ditambah 500 orang panitia yang akan hadir. Ini di luar simpati HMI yang diperkirakan akan hadir sekitar 5.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Rencana Kongres HMI akan dibuka oleh Wapres JK. Sedangkan Presiden Jokowi sepertinya tidak bisa hadir, mungkin karena jadwal terlalu padat,” kata Haryanto.

(cha/hri/KJ/Detik.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.