Mui Minta Kampus Berperan Kembangkan Produk Halal

0
690

JEMBER, 19/12 (Beritalangitan.com) — Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan perguruan tinggi harus mulai mengambil peranan aktif dalam mengembangkan produk-produk halal di Indonesia. “Peran itu bisa berupa sosialisasi kepada masyarakat ataupun memberikan pendampingan kepada masyarakat mengenai pentingnya sertifikasi halal dalam sebuah produk,” ujarnya dalam seminar dan lokakarya yang digelar di aula Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, Jumat (18/12).

Seminar dan lokakarya yang mengambil judul “Dilema Jaminan Produk Halal Bagi Industri Kecil Menghadapi MEA” juga menghadirkan beberapa pembicara. Di antaranya KH Dr Asrorun Ni’am (World Halal Council), H Iksan Abdullah (Direktur Halal Watch Indonesia), dan sejumlah akademisi dari Unej.

Ma’ruf mengatakan, saat ini tren halal dan ekonomi syariah mulai bangkit. Sehingga harus disikapi secara serius oleh semua pihak dan tidak terkecuali perguruan tinggi termasuk Universitas Jember.

Menurutnya, upaya sertifikasi halal dalam rangka melindungi masyarakat dari makanan ataupun materi yang tidak layak dikonsumsi menurut agama Islam harus terus dilakukan. Karena saat ini sudah ada aturan yang jelas dan disahkan dalam Undang-Undang Jaminan Produk Halal.

“Jelas sekali didalam Alquran sudah disebutkan yang halal dan yang haram, sehingga kita khususnya umat Islam wajib hukumnya untuk meninggalkan yang haram,” katanya.

Ia berharap perguruan tinggi bisa mengambil langkah strategis dalam hal memberikan edukasi kepada masyarakat maupun pendampingan terkait implementasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal tersebut. (die/ROL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.