Selayang Pandang SMK Ekonomi Syariah KQC

0
865
SMK Ekonomi Syariah KQC

Beritalangitan.com – SMK Ekonomi Syariah KQC yang berlokasi di Jl. Cihanjuang, Lembah Hijau A13, Parongpong Bandung, Jawa Barat memiliki tujuan utama menghasilkan lulusan yang hafal Al Quran 30 Juz, memiliki jiwa enterpreneur, kreatif, dan memiliki kompetensi profesional di bidang ekonomi syariah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, SMK Ekonomi Syariah KQC menyelenggarakan program pendidikan jenjang SMK pada bidang studi keahlian Bisnis dan Manajemen, program studi keahlian Keuangan, kompetensi keahlian Perbankan Syariah.

Model dan pendekatan yang diterapkan di SMK Ekonomi Syariah KQC antara lain sekolah asrama (boarding school) untuk membina siswa secara holistik. Sekolah alam untuk membangun kesadaran dan keserasian dengan lingkungan hidup serta membangun kebiasaan untuk bisa belajar di mana saja dan dari apa saja. Inklusif yang mengakomodasi siswa dari berbagai latar belakang pribadi, sosial, dan ekonomi yang beragam.

Strategi utama yang diterapkan untuk mencapai tujuan antara lain dengan menempatkan siswa sebagai subyek utama kegiatan pembelajaran. Keberadaan siswa yang unik dan beragam diakomodasi sesuai dengan potensi unggul masing-masing. Sehingga, guru lebih berperan sebagai fasilitator yang mengikuti gaya belajar siswa.

Berbagai program dirancang untuk mengasah kompetensi siswa sesuai potensi kecerdasan yang dimilikinya. Kegiatan lebih banyak menekankan pada praktik langsung (hands on learning/learning by doing). Pengelompokan siswa pada pembelajaran klasikal sesuai minat dan tipikal siswa dengan menerapkan semi moving class.

Pembelajaran tuntas dengan sistem modul (master learning) sehingga siswa tidak dibebani untuk mempelajari kompetensi lain sampai benar-benar menguasai kompetensi sebelumnya. Serta pelaksanaan pembelajaran sistem Teaching Factory, yaitu praktik langsung pada kegiatan produksi yang menghasilkan barang atau jasa yang layak jual dan langsung memasarkannya, sehingga bukan hanya pengalaman pembelajaran yang siswa dapatkan, namun juga langsung merasakan pengalaman berpenghasilan. (aw/kampoengquran.or.id)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.