UKM BAQI UPI “Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an di Bumi Siliwangi”

0
1597

Bandung, 14/4 (beritalangitan.com) – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang terletak di Kota Bandung adalah sebagai salah satu Universitas ternama di Indonesia khususnya Provinsi Jawa Barat. Di kampus ini banyak terdapat UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang mewadahi kreativitas mahasiswa UPI. Salah satu UKM yang ada di UPI itu adalah UKM BAQI UPI (Belajar Al-Qur’an Intensif Universitas Pendidikan Indonesia ).

UKM BAQI UPI, merupakan sebuah UKM Intrauniversiter yang bergerak di bidang ke Al – Qur’anan.UKM BAQI UPI tergolong UKM di UPI yang sudah cukup lama, didirikan pada 27 Sepetember 1987 oleh Drs. Koko komarudin. UKM BAQI UPI memfokuskan diri menjadi UKM yang berdakwah dengan berlandaskan Al-Qur’an dan memiliki sebuah moto “Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an di Bumi Siliwangi”

UKM BAQI UPI Mempunyai visi sebagai wadah membina mahasiswa dalam pembelajaran Al – Qur’an yang menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup, bekal dan tuntunan perjuangan da’wah menuju terwujudnya kehidupan kampus yang qurani.

Sedangan misi dari UKM BAQI UPI ini adalah Memberantas buta Huruf Al – qur’anMelakukan Proses Pencerahan Secara Spiritual dan Intelekual Kepada Seluruh Elemen Mahasiswa dan Masyarakat Tentang Pentingnya Mempelajari , Menghayati dan Mengamalkan AlquranMenggalang Ukhuwah dan Kerjasama dengan UKM Keislaman dan Ormawa di Lingkungan Kampus dan Organisasi Keislaman Lain di Luar Kampus

suryadi

Suryadi Wahid Hasyim, Ilmu Komunikasi 2012, Ketua Umum UKM BAQI Periode 2015

Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 13 April 2015, team liputan UKM kampus beritalangitan.com, bersilaturahim ke sekretariat UKM BAQI UPI dan berbincang dengan Ketua Umum UKM BAQI UPI Periode 2015 Suryadi Wahid Hasyim (mahasiswa Ilmu Komunikasi 2012). Ketika ditanya tentang program unggulan UKM BAQI UPI, Kang Suryadi (sapaan akrab team kepadanya_red),  menjelaskan “Saat ini UKM BAQI sedang melaksanakan program test dan bimbingan Al-Qur’an kepada mahasiswa baru UPI, ini adalah program wajib dari Kampus yang mana kegiatannya setiap mahasiswa muslim baru akan di test bacaan Al-Qur’an nya. Dari pengetesan tersebut akan di klasifikasikan berdasarkan hasil bacaan Al-Qur’annya.

Kemudian kang suryadi juga menjelaskan bahwa, “Hasil test bacaan Al-Qur’an dibagi menjadi 5 tingkatan: Ada tingkat pra dasar 1 (TPD 1), tingkat pradasar 2 (TPD 2), tingkat (TD) dasar, tingkat terampil (TT), dan tingkat mahir (TM). Bagi mahasiswa yang masuk klasifikasi TPD 1, TPD 2 dan TD maka dinobatkan belum lulus test dan di wajibkan mengikuti bimbingan tahsin (perbaikan) di BAQI setiap hari sabtu – minggu. Sedangkan yang masuk klasifikasi TT dan TM di rekomendasikan mengikuti bimbingan Tahfidz (hafalan) biasanya juz 30. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 semester oleh semua mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Pendidikan Agama Islam”.

 231

Dokumentasi pembukaan bimbingan belajar Al-Qur’an Furqon UPI (peserta ikhwan dan akkhwat)

 Selain dari program diatas ada juga kegiatan rutin yang dilaksanakan UKM BAQI,yaitu  Sekolah Tafsir, Sekolah Bahasa Arab, Sekolah Tahsin, FROG IT, dan Bimbingan BAQI. Pada periode ini UKM baqi memiliki 40 orang pengurus dari berbagai fakultas mahasiswa UPI tingkat 3.

230

Dokumentasi kegiatan pengurus di masjid Al-Furqon UPI

 Di akhir perbincangan kami dengan Kang Suryadi, dia menuturkan sebuah Harapannya selaku ketua umum UKM BAQI UPI periode 2014-2015 harapan itu adalah ingin melihat sosok seorang guru ( lulusan UPI ) mengajarkan Al – Qur’an kepada murid-muridnya sebelum memulai kegiatan belajar mengajar dikelasnya masing – masing. ( team beritalangitan.com )

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.