UKM “IQ” Uninus Bandung Membina Generasi Muda Qur’ani

0
1864
UKM IQ UNINUS BANDUNG

Bandung, 23/2 (beritalangitan.com) – Proses pencetakan generasi muda qurani terus menerus diupayakan oleh berbagai pihak, lembaga pendidikan seperti sekolah atau pesantren, organisasi islam, komunitas muslim, serta tak ketinggalan dunia kampus dengan UKM nya ikut memberikan kontribusi dalam mencetak generasi muda ini. Kali ini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ditemui oleh Tim Kampus Religi beritalangitan.com adalah Ikraamul Qur’an (IQ) yaitu salah satu UKM yang konsen membentuk generasi qurani dengan program Tahsin dan Tahfidznya.

Awalnya IQ hanya sebatas sebuah komunitas saja, selama satu tahun terakhir komunitas ini berusaha untuk mengembangkan sayapnya agar cepat dikenal oleh seluruh mahasiswa terutama mahasiswa baru. Setelah berjalan dua tahun, barulah komunitas ini berubah menjadi UKM “IQ” yang di sahkan oleh Dewan Mahasiswa (DEMA), hasilnya dalam dua tahun saja UKM ini tercatat sudah 135 orang yang menjadi anggota kendati pengurus dan anggota yang aktif hanya sekitar 65 orang saja.

Yang melatar belakangi terbentuknya UKM ini bukan karena mahasiswanya tidak bisa membaca Al-Qur’an, tetapi kesibukan sebagai mahasiswa membuat sebagian besar menjadi kurang dalam membaca Al-Qur’an. Inilah yang menjadi motivasi  kami hingga terbentuknya IQ UNINUS, yang kemudian melahirkan program tahsin yaitu bagaimana cara membaca Al-Qur’an degan baik dan benar sedangkan tahfidz yaitu program menghafal Al-Qur’an disela kesibukan kuliah.

Faisol Amirudin (Ketua UKM IQ UNINUS Bandung)
Faisol Amirudin (Ketua UKM IQ UNINUS Bandung)

“UKM IQ” yang diketuai oleh Faisol Amirudin (23) dibantu wakilnya Siti Fatimah (21) terus mempertahankan eksistensi  “IQ” di kampus dengan berbagai starategi pendekatan dan program tambahan seperti  Rihlah Qurani dan Seminar Motivasi yang dilakukan beberapa waktu lalu. “itu semua demi terwujudnya ukhuwah dan kesolidan dalam keluarga “IQ” yang akhirnya akan mampu memberikan manfaat untuk dirinya dan orang lain. Ungkap mahasiswa jurusan PAI asal Madura ini.

Ditemui ditempat yang sama Sifa sapaan akrab Siti Fatimah wakil ketua “IQ” menambahkan  bahwa “disamping sejumlah aktifitas yang digarap para aktivis baik di dalam maupun diluar UKM ini, yang paling ditekankan dalam “IQ” adalah bagaimana belajar cara membaca dan menghafal quran yang baik dan benar, juga pengamalan Al’Quran secara aplikatif dalam kehidupan sehari-hari”.

(Didi/Tri/Beritalangitan.com)