4 Alasan kenapa kamu tetap harus biasakan diri menulis dengan tangan

0
941
Ilustrasi menulis jurnal. ©Shutterstock.com/winnond

Beritalangitan.com – Begitu meninggalkan bangku kuliah, kita tak lagi dituntut untuk menulis dengan tangan. Ada smartphone, tab, atau komputer yang bisa menampung buah pikiran kita ke dalam catatan.

Karena itulah kita sering mengeluh tangan jadi kaku begitu diminta menulis dengan tangan lagi. Tetapi membiasakan diri untuk menulis dengan tangan sebenarnya tetap penting, meskipun kita sudah tak duduk di bangku sekolah atau kuliah lagi.

Berikut ini beberapa alasan ilmiah kenapa kamu tak boleh meninggalkan kebiasaan menulis dengan tangan, dilansir dari Mental_floss (5/4).

Mengaktifkan sel-sel otak

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 membuktikan bahwa menulis dengan tangan bisa membantu anak-anak yang belum bisa membaca. Menuliskan huruf yang sama berkali-kali dapat mengaktifkan sirkuit neuron yang berkaitan dengan kemampuan membaca. Namun mengetikkan huruf yang sama dengan keyboard atau keypad tidak bisa memberikan efek yang sama bagi otak.

Meningkatkan kemampuan mengeja

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1990 menemukan bukti bahwa menuliskan kata-kata dengan tangan akan meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengeja. Sementara mengetik dengan komputer tidak menghasilkan dampak yang sama.

Memperkuat memori

Sebuah studi pada tahun 2014 membandingkan mencoba membandingkan memori mahasiswa yang mencatat dengan tulisan tangan dan orang-orang yang mencatat dengan laptop. Hasilnya tulisan tangan membuat para responden mempelajari informasi baru dengan lebih baik. Mereka yang menulis dengan tangan memiliki pemahaman yang lebih baik atas informasi yang diberikan. Mereka juga bisa mengingat informasi yang diberikan jauh lebih baik daripada mereka yang mencatatnya dengan laptop.

Membuat pikiran bekerja lebih cepat

Kali ini studi yang dilakukan pada tahun 2009 membuktikan kalau menulis dengan tangan membuat pikiran seseorang bekerja lebih cepat.

Siswa sekolah dasar dan menengah yang menggunakan alat tulis biasa mampu menulis lebih cepat daripada mereka yang mengetik pada keyboard.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu tetap perlu membiasakan diri menulis dengan tangan. (die)

Sumber : Merdeka.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.