Hidup Akan Terasa Indah Jika Bisa Saling Tolong Menolong Dalam Kebaikan

Penulis : Andriansyah

0
333

MANUSIA adalah makhluk sosial yang tidak pernah lepas dari orang lain. Artinya setiap kegiatan yang kita jalani terkadang secara tidak langsung dibantu kebaikan orang lain. Orang-orang disekitar kita yang selalu ada jika kita membutuhkan pertolongan. Sebab sudah menjadi karakter manusia dalam hidup ini untuk menjalani hidup dengan cara kerjasama.

Pernahkah kita meminta bantuan orang lain? Tentu saja pernah. Tidak mungkin kita hidup di dunia ini sendiri. Melakukan segalanya sendiri. Bahkan sekalipun kita diciptakan sebagai manusia sempurna daripada penciptaan lainnya. Tetap kita membutuhkan orang lain untuk kerjasama hakikatnya kita adalah mahluk sosial yang tidak terlepas dengan peran serta orang lain.

Manusia diciptakan untuk saling mengenal satu dengan lainnya. Dengan begitu, manusia bisa berbuat kebaikan bagi sesamanya. Hidup ini akan terasa sangat indah jika satu sama lain bisa saling tolong menolong dalam kebaikan. Setiap muslim pastinya tau bahwa membantu sesama muslim juga ibadah.

Kebaikan merupakan hal yang dianjurkan untuk dikerjakan. Amalan kebaikan tentu akan berbalas kebaikan pula. Sekecil apapun perbuatan baik yang dilakukan dengan tulus, insy Allah akan mendapatkan balasan kebaikan pula. Begitu sebaliknya jika kita melakukan kejahatan, maka kejahatan serupa yang akan kita dapat nantinya.

Amal kebaikan seseorang tentu tidak dapat ditebak kapan akan dilakukan. Bisa saja, seseorang di saat itu pula memberikan kebaikan kepada orang lain. Karena kebaikan seseorang itu akan muncul dengan sendirinya jika dibutuhkan. Contohnya ketika ada orang yang jatuh dari motor, terkadang sangat sulit orang mau berhenti dan turun dari kendaraannya. Tapi berbeda dengan orang tulus yang baik hatinya, secara reflek ia akan membantu jika melihat orang lain sedang dalam kesusahan atau kesulitan.

Jika seorang muslim mendapat suatu kebaikan, dianjurkan untuk membalas kebaikan itu. Jika tidak sanggup, minimal mendoakan orang yang memberi kebaikan tersebut, dengan doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW di bawah ini.

“Jazaakallahu khairan.”
Artinya:” Semoga Allah membalasmu dengan ganjaran yang baik.”

Doa ini memang sangat sederana dan tampak mudah di ucapkan. Tapi dalam realitanya masih banyak orang yang berat untuk mengucapkan doa ini kepada orang yang telah berbuat baik kepadanya.

Doa ini bisa menjadi harapan kepada Allah kepada orang yang telah berbuat baik kepada kita ketika kita tidak bisa membalas kebaiknnya. Sebab dengan doa ini semoga Allah bisa memberikan balasan kebaikan yang berlipat dari kebaikan yang telah ia lakukan.

Maka jangan pernah malas atau gengsi untuk mendoakan saudara kita yang telah baik membantu kita dari kesusahan yang kita alami. Semoga kita semua selalu di lindungi serta menjadi hamba yang mudah memberi pertolongan kepada orang yang sedang kesusahan atau meminta bantuan kepada kita. Juga ikhlas mendoakan kebaikan orang yang telah berbuat baik pada diri kita. Amin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.