Ini Lima Resolusi KTT OKI

0
672
Menlu Retno LP Marsudi (tengah) dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif (kiri) mendapat penjelasan dari Peter Basuki (kanan) tentang lukisan berjudul Tafakur di Muzdalifah karya seniman Jeihan Sukmantoro di sela-sela KTT Luar Biasa ke-5 OKI di JCC, Jakarta.

Beritalangitan.com – Pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menitikberatkan pada kemerdekaan Palestina. Dalam KTT yang diadakan sejak Ahad (6/3) hingga Senin (7/3) menghasilkan 32 resolusi.

Berikut lima resolusi awal:

1. Menegaskan peran sentral dari negara-negara anggota OKI untuk mengambil semua langkah yang diperlukan di semua tingkatan untuk memberikan perlindungan kepada rakyat Palestina dan menjaga kesucian Al-Quds Al-Sharif, terutama Masjid Al-Aqsa.

2. Menegaskan kembali negara-negara anggota untuk berdiri teguh dalam pertahanan mereka terhadap Masjid Suci Al-Aqsa, kiblat pertama untuk Muslim. Juga memperingatkan setiap tindakan yang akan mempengaruhi kesucian sebagai hak dari Muslim. Upaya ilegal dari pendudukan Israel mengubah status quo dari kota Al-Quds Al-Sharif yang diduduki.

3. Memutuskan untuk segera mengambil semua tindakan yang memungkinkan, dengan masyarakat internasional untuk mengakhiri provokasi pendudukan dan serangan terhadap Al-Aqsa.

4. Memutuskan untuk melanjutkan upaya di Dewan Keamanan PBB untuk memastikan akuntabilitas atas tindakan ilegal yang dilakukan penguasa pendudukan, termasuk kelanjutan rezim pemukiman ilegal dan bertindak penduduk sipil Palestina.

5. Menyesalkan bahwa Dewan Keamanan PBB sejauh ini gagal memberi kontribusi mendorong langkah kredibel untuk perdamaian di Palestina.

Sumber : Republika

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.