Islam Baru dan Islam Lama dari Vietnam

0
541
Dr. Bashirun, dai asal Vietnam.

Beritalangitan.com – Pernah mendengar Islam Waktu Telu di Lombok? Sekte yang mengajarkan amalan-amalan seperti shalat, puasa, dll cukup diwakilkan oleh imam saja. Ternyata ajaran ini juga ada di Vietnam.

“Bahkan mayoritas muslim di Vietnam adalah pengikut ajaran itu,” kata Dr. Bashirun, dai asal Vietnam di acara Multaqa Ulama dan Dai ASEAN Kedua di Sentul, Bogor, Ahad, (24/07/2016).

Kata Dr Bashirun, ajaran itu menamakan ajarannya dengan nama Islam Bani. Dari 90 juta penduduk Vietnam, 70.000 penduduknya memeluk Islam. Dan lebih dari setengah masih meyakini ajaran Islam Bani itu.

Kata Bashirun, Islam Bani mengajarkan shalat, puasa, haji, cukup dikerjakan oleh para imam saja. Di setiap kampung, biasanya ada 20 orang imam. Keduapuluh orang itu yang mengerjakan shalat dan puasa untuk seluruh warga kampung.

Bashirun mengaku, kakeknya dulunya penganut Islam Bani. Kakeknya mendapat hidayah ajaran Islam yang benar saat berinteraksi dengan muslimin yang tinggal di Ho Chi Minh.

Katanya, dia pernah berdakwah ke kepada penganut Islam Bani, tetapi mereka tetap dalam keyaninan mereka.

“Kata mereka kalian membawa Islam Baru, kami Islam lama,” kata Bashirun.

Untuk itu, Bashirun mengusulkan agar diperbanyak beasiswa untuk anak-anak muslim Vietnam dan membuat aplikasi-aplikasi Islam yang menarik. (ah)

Sumber : Hidayatullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.